Curah Hujan Tinggi, Lima Desa di Kecamatan Malteng Digenangi Air

BETUN, TIMORline.com-Curah hujan yang tinggi selama satu pekan terakhir berpuncak dengan terjadinya genangan air di sejumlah kecamatan di Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dari 12 kecamatan di Kabupaten Malaka, salah satu kecamatan yang wilayahnya digenangi air hujan adalah Kecamatan Malaka Tengah (Malteng).

Dari 17 desa di wilayah ini, lima desa di antaranya digenangi air, yakni Desa Bereliku, Naimana, Fahiluka dan Lawalu.

Camat Malaka Tengah Eduardus Bere Atok yang dihubungi melalui akun WhatsApp-nya, Jumat (22/05/2020) malam, menjelaskan, di Desa Fahiluka, genangan air terluas terjadi di Dusun Pelita Lalor, Kampung Misi dan Bolan B.

Di Desa Naimana, genangan air terjadi di Dusun Manubai, Kobadi’in dan Nataraen.

Menurut Camat Edu, dari pantauan yang dilakukan saat hujan lebat pada Jumat (22/05) siang hingga sore, genangan air di Desa Bereliku bersumber dari luapan kali Wedik dan air kiriman dari hamparan persawahan Tolok dan Marobo.

Sedangkan sumber genangan air yang melanda Desa Naimana, Fahiluka, Railor Tahak dan Lawalu berasal dari dua desa tetangga, yakni Desa Forekmodok dan Lamudur Kecamatan Weliman.

“Genangan air terjadi akibat curah hujan tinggi, bukan karena luapan banjir Benenai”, tandas Camat Edu.

Saat pemantauan genangan air, Camat Edu bersama-sama dengan Kadis Nakertrans Kabupaten Malaka Vinsensius Babu, Inspektur Remi Leki, Sekretaris Dewan Carlos Monis, Kepala Bidang Jasa Konstruksi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Paul Miki, Kabid Tata Ruang Anita Aek, anggota DPRD Malaka Merry Kain dan para kepala desa se-Kecamatan Malaka Tengah.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: bisa copy