Empat Pimpinan Media Somasi Deken Malaka Keuskupan Atambua

BETUN, TIMORline.com-Empat pimpinan media online mengajukan somasi kepada Deken Malaka Keuskupan Atambua Romo Edmundus Sako, Pr.

Somasi itu menyusul pernyataan yang disampaikan pastor tersebut sebagaimana diberitakan obor-nusantara.com edisi tayang Selasa,12 Mei 2020.

Dalam pemberitaan itu Romo Edmundus menyatakan, “Saya meminta wartawan tolong kawal ini, termasuk kunjungan bupati ke desa-desa, jangan sampai kamu juga sudah dibeli oleh pemda seperti wartawan di Malaka, jadi mereka tidak menulis hal tidak baik”.

Romo Edmundus sendiri dalam pernyataannya tidak menyebut terang-benderang siapa atau siapa-siapa “Wartawan di Malaka” yang dimaksudkannya.

Sebagai bagian dari “Wartawan di Malaka” itu, empat pimpinan media merasa dirugikan secara moril sebagaimana diungkapkan dalam surat somasi mereka.

Lebih jauh para pimpinan media itu meminta Romo Edmundus selaku Deken Malaka untuk memberikan klarifikasi kepada para wartawan dan publik beberapa hal. Sehingga, menjadi terang-benderang, bukan pemfitnahan atau penistaan atau pembohongan publik.

Menurut para pimpinan media tersebut, hal-hal yang perlu diklarifikasi Deken Edmundus itu tentang siapa atau siapa-siapa “Wartawan di Malaka” yang dimaksudkannya yang sudah dibeli Pemda Malaka sehingga tidak pernah menulis hal tidak baik?

Hal lainnya, Deken Edmundus diminta menunjukkan bukti-bukti sah menurut hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia yang menjelaskan bahwa benar ada “Wartawan di Malaka” yang sudah dibeli putus Pemda Malaka sehingga tidak pernah menulis hal tidak baik.

Penjelasan atau klarifikasi itu diminta disampaikan secara langsung kepada para pemohon somasi; diberitakan/disiarkan kepada publik melalui Portal Berita obor-nusantara.com yang telah memublikasikan pernyataan tersebut dan Portal Berita atau media massa lain yang kepada wartawannya telah disampaikan pernyataan yang disebutkan dalam somasi; dan disampaikan kepada pihak-pihak yang disebutkan dalam tembusan surat somasi (teguran) tersebut.

Surat somasi berisi permintaan klarifikasi tertanggal 14 Mei 2020 tersebut ditandangani pimpinan empat media, yakni Pemimpin Redaksi RadarMalaka.com Bonefasius Atolan, Pemimpin Umum TIMORline.com Cyriakus Kiik, Pemimpin Redaksi nusantara9.com Yohanes Germanus Seran dan Pemimpin Redaksi libasmalaka.com Paulus Edy Sumantri.

Surat somasi tersebut telah diantar langsung ke Dekenat Malaka yang diterima salah satu pastor, berhubung Deken Malaka sedang tidak berada di tempat. Namun pastor itu memastikan, surat tersebut akan segera diserahkan kepada Deken Malaka ketika yang bersangkutan tiba kembali ke Dekenat.

Surat yang sama diberi tembusan pula kepada Bupati Malaka, Ketua DPRD Malaka, Kapolres Malaka, Dandim 1605/Belu, Kajari Atambua, Ketua Pengadilan Negeri Atambua dan pimpinan redaksi Portal Berita obor-nusantara.com.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *