oleh

Kapolres Malaka Tidak Persulit Tugas Wartawan

BETUN, TIMORline.com-Kapolres Malaka AKBP Albertus Neno menyatakan tidak mempersulit tugas wartawan dengan menyampaikan permohonan surat terlebih dahulu ketika ingin bertemu.

Pernyataan ini disampaikan Kapolres Albert dalam rilisnya yang disebar kepada wartawan di Betun, ibukota Kabupaten Malaka, Senin (11/05/2020) malam. Pernyataan ini merupakan tanggapan atas pemberitaan media setempat kalau untuk bertemu dirinya harus mengajukan permohonan resmi terlebih dahulu.

Bahkan, Kapolres Albert mengatakan tidak pernah memerintahkan anggotanya Brigpol Charles Dupe baik secara lisan maupun tertulis untuk menyampaikan hal itu kepada media.

“Yang dilakukan itu atas inisiatif dan keinginan sendiri anggota saya Brigpol Charles Dupe. Saya secara pribadi dan atas nama institusi Polres Malaka menyampaikan permohonan maaf atas tindakan kekeliruan yg dilakukan anggota saya. Tetapi, ada konsekuensi yang mau tidak mau suka tidak suka sebagai prajurit Polri mesti dipertanggungjawabkan oleh yang bersangkutan”, katanya.

Dalam rilis yang sama, Kapolres Albert meminta maaf kepada wartawan dan sangat menyesalkan tindakan annggotanya.

“Saya sungguh sangat menyesalkan tindakan anggota saya. Sebab, tindakan itu telah menciderai komunikasi bahkan hubungan baik yang selama ini kita bangun bersama di daerah Malaka”, katanya.

Mengutip arahan Kapolda NTT, Wakapolda NTT dan Kabid Humas Polda NTT saat ditugaskan di Malaka, Kapolres Albert diminta untuk membangun hubungan baik dengan awak media di Malaka.

Karena itulah, Kapolres Albert pada awal masa tugasnya di Kabupaten Malaka mendatangi wartawan di Posko Media Malaka.

Sebelumnya, saat menerima wartawan di ruang kerjanya, Kapolres Albert menyatakan kehadirannya sebagai Kapolres Malaka tidak sebagai bos tetapi sebagai pelayan masyarakat.

Sehingga, siapa pun yang datang dan ingin bertemu di kantor, dia tidak persulit.

“Tidak perlu pakai permohonan resmi. Sekali pun yang datang itu pemulung, pasti ketemu saya. Kalau masih ada tamu, bisa tunggu sebentar”, tandas Kapolres Albert.

Media juga dipandangnya sebagai partner kepolisian. “Saya tidak menginginkan hal-hal yang tidak penting merusak hubungan kemitraan yang sudah terbangun dengan media selama ini”, katanya.

Sebagai pertanggungjawaban atas pemberitaan media yang menyoroti sikapnya untuk menemuinya harus ada permohonan resmi terlebih dahulu, Kapolres Albert telah memerintahkan pihak Seksi Propam Polres Malaka untuk memeriksa Brigpol Charles Dupe.

Brigpol Charles Dupe bahkan dihadirkan di hadapan wartawan dan dibacakan Berita Acara Interogasi-nya.

Sedikitnya 19 pertanyaan diajukan kepada Brigpol Charles Dupe dan dijawabnya secara jelas yang didengar wartawan disaksikan Kasat Reskrim Polres Malaka Iptu Yusuf.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar