oleh

Dua WNA Timor Leste Diperiksa Otoritas Imigrasi Atambua

ATAMBUA, TIMORline.com-Dua warganegara asing (WNA) Timor Leste diperiksa Otoritas Kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Atambua.

Pemeriksaan ini dilakukan setelah kedua WNA itu dijemput dari Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Naiola Kecamatan Bikomi Selatan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) pada Selasa (05/05/2020).

Kedua WNA itu adalah Arlindo Taec Coa, lahir di Samoro-Oeccuse, 20 Januari 1996, dan Marcelino Orlando Qefi, lahir di Samoro-Oeccuse, 04 Agustus 1999.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) K.A. Halim dalam rilisnya yang diterima TIMORline.com, Rabu (06/05/2020), Tim Otoritas Imigrasi Atambua mengatakan, kedua WNA itu memasuki wilayah Indonesia secara ilegal. Sebab, mereka tidak memiliki dokumen keimigrasian yang sah.

Sebelum membawa Arlindo dan Orlando ke Atambua untuk diperiksa lebih lanjut, Tim Imigrasi Atambua terlebih dahulu memintai keterangan keduanya.

Tim itu terdiri dari Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan (Inteldakim) Yehezkiel Djami bersama tiga staf yakni Siprianus Mau Buti, Agustinus P.B.P. Moko dan Christophorus Dominggu.

Dari keterangan keduanya, diperoleh informasi kalau mereka melintas ke Indonesia melalui jalur ilegal di sekitar wilayah TPI Napan.

Pelintasan itu dilakukan dengan maksud ingin mengunjungi nenek yang ada di Konben Napan Kabupaten TTU.

Tim diterima Yoseph Kuabib, selaku Asisten Tata Praja Setda Kabupaten TTU. Tim kemudian dipertemukan dengan Pauyulia Alfian T. Bani SST selaku Kepala Bidang Pelayanan Penunjang RSUD Kefamenanu selaku penanggungjawab Rusunawa Naiola.

Tim medis setempat pun menginformasikan kalau kedua WNA Timor Leste tersebut hingga saat ini tidak menunjukkan gejala Covid 19.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar