oleh

Antisipasi Covid 19, Pemdes Kakaniuk Bagi Masker Untuk Warganya

BETUN, TIMORline.com-Kepala Desa Kakaniuk Petronela Luruk bersama aparatnya konsen sekali untuk terlibat aktif dalam mencegah Corona Virus 2019 (Covid-19) di wilayahnya.

Selama dua minggu belakangan, melalui posko-posko yang didirikan, dirinya selalu melakukan kontrol agar setiap warga dan orang yang melintas harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah pusat maupun daerah.

Upaya yang dilakukan Kepala Desa Kakaniuk yakni pembagian masker kepada seluruh warganya yang diberikan melalui setiap Ketua RT pada di Kantor Desa Kakaniuk, Senin (27/04/2020).

Kepada media, Petronela mengatakan, pihaknya menyediakan 1.500 buah masker untuk dibagikan kepada masyarakat sebagai bentuk pencegahan virus corona, yang mana setiap orang di seluruh wilayah Indonesia wajib memakai masker.

Pembagian awal di desanya, sudah dilakukan di tiga posko yang ada sejak adanya pemberlakuan pemakaian masker.

“Hari ini kita lakukan lagi pembagian masker kepada seluruh warga yang diterima Ketua RT yang nantinya akan diteruskan kepada setiap warganya. Sedangkan kegiatan protokol kesehatan seperti cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan terus berjalan sebagaimana mestinya,” ujar mantan pegiat LSM Oxfam ini.

Salah satu Kades wanita di Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka ini mengutarakan, hari ini dirinya menggelar rapat bersama para Kepala Dusun, Ketua RT, Ketua RW dan BPD bersama Relawan untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan sejak pandemi corona merebak di seluruh wilayah.

“Sesuai arahan Bupati Malaka bahwa masyarakat harus terus diberi kesadaran untuk bersama-sama mencegah merebaknya virus ini. Arahan itu kami tindaklanjuti di wilayah desa bersama dengan aparat dan mitra kami BPD,” akunya lagi.

Kepala Desa dua periode ini juga mengatakan, pihak kedesaan setiap saat selalu berkoordinasi dengan Tim Gugus Kecamatan dan Puskesmas, sehingga kegiatan-kegiatan pencegahan virus ini terus berjalan.

“Kita terus lakukan koordinasi dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19 terus berjalan, karena kita belum tahu kapan pandemi ini akan berakhir,” ujar ibu dua putra ini.

Sebagai informasi, penyerahan 1.500 buah masker ini selanjutnya akan diserahkan langsung Ketua RT kepada warganya, sehingga setiap warga ketika keluar dan beraktivitas di luar rumah selalu memakai masker. (*)

Editor: Cyriakus Kiik

Komentar