oleh

Siang Ketemu, Sore Bupati Malaka Tandatangan SK Tiga Nakes

BETUN, TIMORline.com-Bupati Malaka Stefanus Bria Seran bertemu tiga tenaga kesehatan (nakes), Rabu (15/04/2020) siang.

Pada sore harinya, Bupati Stefanus malahan menandatangani Surat Keputusan (SK) tenaga kontrak daerah bagi ketiga nakes itu.

Ketiga nakes yang paling beruntung itu adalah Yuliana Un, SKep, Ns,
Benediktus Bau, AMd.Kep dan
Gitit Suryani Bau.

Yang ditemui pertama Bupati Stefanus siang itu adalah Yuliana Un. Saat itu dia bersama-sama dengan teman lain sementara melaksanakan tugas di Posko Pencegahan Covid-19 Takas, tepatnya di persimpangan Kabupaten Malaka-Belu-TTU.

Dari tim kesehatan Posko Penanganan Covid-19 di titik ini, pandangan mata Bupati Stefanus tertuju kepada salah seorang anggota tim perempuan berambut lurus yang mengenakan kaos biru dipadu celana panjang hitam.

Kepada Yuliana, Bupati Stefanus menanyakan nama lengkapnya, tempat kerja, lama masa kerjanya dan lulusan dari mana.

Kepada Bupati Stefanus, Yuliana menyebut nama lengkapnya dan mengaku sudah bekerja tujuh tahun sebagai tenaga sukarelawan di Puskesmas Bani-Bani Kecamatan Io Kufeu.

Saat ditanya Bupati Stefanus sudah pernah tandatangan SK Tenaga Kontrak Daerah, Yuliana hanya menjawab singkat: belum pernah.

Mendapat pengakuan Yuliana, Bupati Stefanus langsung memanggil Kadis Kesehatan Kabupaten Malaka Paskalia Frida Fahik untuk mencatat identitas Yuliana. Kepadanya segera diterbitkan SK Tenaga Kontrak Daerah Kabupaten Malaka usulan susulan.

Saat itu pula, dengan disaksikan Kapolres Malaka AKBP Albertus Neno, dua anggota DPRD Malaka Ronaldo Asury dan Emanuel Wempy bersama rombongan pemantau Posko Pencegahan Covid-19 Takas, Bupati Stefanus langsung menelepon Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malaka Veronika Frida Fahik.

Dalam pembicaraan melalui telpon tersebut, Bupati Stefanus meminta Veronika untuk mencatat dan segera memroses SK Tenaga Kontrak Daerah atas nama Yuliana Un.

Baca Juga:  Nelayan Malaka Hilang di Laut Selatan Timor

“Sekarang proses SK-nya, nanti sore saya tandatangan”, tandas Bupati Stefanus beberapa kali.

Bupati Stefanus selanjutnya bercanda dengan Yuliana. Tadi malam kau mimpi apa? Tadi malam kau lihat matahari atau bulan?

“Kau catat baik-baik hari ini. Hari ini hari yang bersejarah untuk kamu. Saya angkat kamu jadi tenaga kontrak daerah. Kau lihat tadi to. Saya telpon langsung Kepala Badan Kepegawaian. Sekarang SK-nya diproses, sore saya tandatangan”, tandas Bupati Stefanus.

Kepada media dan rombongan yang berdiri mengelilinginya, Bupati Stefanus bilang, Yuliana kerja tujuh tahun di Puskesmas Bani-Bani sebagai sukarelawan.

“Masa orang kerja setengah mati untuk banyak orang sebagai sukarelawan. Kenapa tidak diangkat menjadi tenaga kontrak daerah. Ya, sudah. Sore saya tandatangan SK Tenaga Kontrak Daerah-nya”, demikian Bupati Stefanus.

Tak kuasa menahan haru, wajah Yuliana langsung berubah merah padam. Nyaris menangis.

Kejadian serupa terjadi di Puskesmas Uabau. Saat Bupati Stefanus dalam perjalanan pulang ke Betun, ibukota Kabupaten Malaka, bersama rombongan masih mampir di Puskesmas ini.

Sambil mendapat petunjuk Kepala Puskesmas Uabau soal lokasi baru pembangunan Puskesmas tersebut, Bupati Stefanus memanggil sejumlah petugas kesehatan Penanganan Covid-19 yang sedang bertugas.

Sambil bercanda, dua orang di antaranya menjadi fokus perhatian Bupati Stefanus, yakni Benediktus Bau, AMd.Kep dan Gitit Suryani Bau.

Mantan Kadinkes Propinsi NTT itu kemudian menanyakan keduanya tentang nama lengkap, lulusan dari mana dan masa kerja sudah berapa lama.

Setelah menjawab semua pertanyaan yang diajukan Bupati Stefanus, Benediktus dan Gitit tampak gembira. Keduanya tidak menyangka kalau Bupati Stefanus akan membuat sejarah bagi keduanya.

Sebab, Bupati Stefanus kemudian memerintahkan Kadis Kesehatan Kabupaten Malaka Paskalia Frida Fahik untuk mencatat identitas keduanya guna dibuatkan SK Tenaga Kontrak Daerah.

Baca Juga:  Hari ini, Bupati Malaka Daftar Balon Kada di PDIP Malaka

Sejenak, keduanya tersenyum. Tetapi, wajah keduanya yang riang tadi berubah jadi merah padam. Keduanya menahan haru tangis. Sebab, di depan keduanya, disaksikan Kapolres Malaka AKBP Albertus Neno bersama rombongan Pemantau Posko Pencegahan Covid-19, Bupati Stefanus menyatakan segera menandatangani SK Tenaga Kontrak Daerah keduanya setiba di Betun sore nanti.

Tampak mata keduanya berkaca-kaca. Saat Bupati Stefanus melambaikan tangan untuk pamitan guna melanjutkan perjalanan ke Betun, teman-teman keduanya tampak gembira. Terlihat, ada yang memeluk Benediktus dan menepuk bagian belakangnya sambil berjalan menuju kantor.

Kepada Yuliana di Posko Penanganan Covid-19 Takas dan Benediktus bersama Gitit di Puskesmas Uabau, Bupati Stefanus bilang, apa yang dikatakannya itulah yang dilakukan. Sebab, dia bukan tipe orang penipu.

Bupati Stefanus pun kemudian membuktikan apa yang dikatakannya kepada Yuliana, Benediktus dan Gitit.

Sekira pukul 17.15 wita, dua pegawai BKPSDM Kabupaten Malaka tiba di rumah jabatan Bupati Malaka di Desa Haitimuk Kecamatan Weliman.

Kedua pegawai itu bertemu Bupati Stefanus membawa beberapa berkas untuk ditandatangani. Kepada salah satu pegawai yang membawa berkas itu, Bupati Stefanus sempat menanyakan tiga nakes yang pada siangnya sudah dimintakan kepada Kepala BKPSDM Kabupaten Malaka Veronika Frida Fahik untuk dibuatkan SK Tenaga Kontrak Daerah-nya.

Setelah memastikan SK yang dimaksudkannya bagi Yuliana, Benediktus dan Gitit, Bupati Stefanus langsung membubuhkan tandatangannya sekira pukul 17:17 wita.

“Ya, tugas saya untuk tiga orang tadi siang itu sudah selesai. Sudah ada SK Tenaga Kontrak-nya. Saya sudah tandatangan. Jadi, apa yang saya omong, itu yang saya buat”, demikian Bupati Stefanus.

Kedatangan Bupati Malaka Stefanus Bria Seran dan Kapolres Malaka AKBP Albertus Neno bersama rombongan di Posko Pencegahan Covid-19 Talimetan Desa Kusa Kecamatan Malaka Timur dan Takas Desa Tesa Kecamatan Laenmanen, Rabu (15/04/2020) siang, untuk memantau aktivitas Tim Gerak Cepat Penanganan Covid-19 di kedua titik itu.

Baca Juga:  Pemkab Malaka Beri Mobil ke Mapolres Belu untuk Pelayanan Masyarakat

Selain itu, Bupati Stefanus dan Kapolres Albertus bersama rombongan meninjau lokasi baru pembangunan Puskesmas Nurobo dan Puskesmas Uabau.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar