oleh

Mahasiswa Timor Leste Diisolasi di RS Rusunawa BTN Kefamenanu

-Nusantara-243 views

BETUN, TIMORline.com-Seorang mahasiswa asal Timor Leste sejak Kamis (09/04/2020) malam menjalani isolasi diri di Rumah Sakit (RS) Rusunawa BTN KM 9 Desa Naiola Kecamatan Bikomi Selatan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Mahasiswa tersebut melintas di wilayah ini dalam perjalanan pulang kampung.

Diinformasikan kalau mahasiswa tersebut selama ini kuliah di  Yogyakarta. Hal ini terbukti dengan identitas diri berupa kartu mahasiswa yang dimilikinya.

Pada Kartu Mahasiswa tersebut tertulis nama lengkapnya Romario Gabriel Francisco Sali, Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur pada Universitas Widya Mataram Yogyakarta.

Kartu mahasiswa ini ditandatangani Rektor Universitas Widya Mataram Yogyakarta Prof Dr Mukhsan, SH.

Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Atambua K.A. Halim yang dikonfirmasi Jumat (10/04/2020) sore membenarkan keberadaan mahasiswa tersebut.

Menurut Halim, sebetulnya keberadaan mahasiswa tersebut sudah dipantau Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Deases 2019 (Covid-19) Kabupaten TTU dan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Malaka.

Selaku Ketua Timpora Kabupaten Malaka yang membawahi pula Kabupaten TTU, Halim menjelaskan, sesuai informasi yang diperolehnya dari Timpora Kabupaten Malaka, mahasiswa tersebut berhasil diidentifikasi Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten TTU saat memasuki Kefamenanu, ibukota Kabupaten TTU, Kamis (09/04) siang.

“Saat ini yang bersangkutan sedang diisolasi di RS Rusunawa BTN KM 9 Desa Naiola Kecamatan Bikomi Selatan”, tandas Halim.

Menurut Halim, sebetulnya mahasiswa tersebut sudah bisa melanjutkan perjalanannya ke Timor Leste. Tetapi, bersamaan dengan Hari Raya Paskah, yang bersangkutan baru bisa diproses kepulangannya setelah Hari Raya Paskah untuk melanjutkan perjalanannya ke Timor Leste.

Untuk memberikan penguatan kepada Timpora di perbatasan, Jumat (10/04) siang mengadakan pertemuan dengan seluruh jajarannya di Pos Lintas Batas Negara Terpadu (PLBNT) Motaain.

Editor: Cyriakus Kiik

Komentar