Masyarakat Belu Diminta Tetap Waspadai Wabah Covid-19

ATAMBUA, TIMORline.com-Masyarakat Kabupaten Belu Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diminta tetap mewaspadai serangan wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Hal ini ditegaskan Koordinator Komunikasi dan Informasi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belu Johanes Andes Prihatin dalam rilisnya yang disebar kepada wartawan di Atambua, ibukota Kabupaten Belu, Minggu (05/04/2020).

Penegasan ini disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Belu itu sebagai sikap awas terhadap masyarakat.

“Sesuai data monitoring Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belu, Pasien Dalam Pemantauan (PDP) dan Orang yang Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Belu nihil. Tetapi, Pemerintah tidak menginginkan, jangan sampai masyarakat tidak waspada lalu muncul kasus Covid-19”, tandas Kadis Johanes.

Lebih jauh Pemerintah Kabupaten Belu mengajak seluruh lapisan masyarakat Belu untuk tetap waspada dengan terus menjalankan pola hidup sehat, berdiam diri di rumah saja, atau menjaga jarak fisik apabila bertemu orang lain dan tidak bersentuhan atau membatasi interaksi fisik.

Selain itu, masyarakat Belu diminta menghindari kerumunan orang dan selalu membiasakan diri untuk mencuci tangan pakai sabun.

Perkembangan data monitoring Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belu menunjukkan, dari wilayah kerja 17 Puskesmas yang tersebar di 12 Kecamatan di Kabupaten Belu, hingga Minggu, 5 April 2020 pukul 14:00 Wita, jumlah Pelaku Perjalanan Berisiko dalam Pantauan sebanyak 734 orang.

Jumlah tersebut meningkat 70 orang dari jumlah sehari sebelumnya sebanyak 664 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 49 orang, bertambah 3 orang dari jumlah sehari sebelumnya sebanyak 46 orang. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang yang Terkonfirmasi Positif Covid-19 nihil.

Bagi warga Kabupaten Belu yang baru pulang dari luar daerah terutama daerah yang terinfeksi Covid-19, Kadis Johanes mengingatkan untuk melaporkan diri di Posko Gugus Tugas melalui call center 081238654568 yang aktif 24 jam untuk selanjutnya mengikuti arahan petugas termasuk mengisolasi diri. (*)

Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: bisa copy