oleh

1 April 2020 Pukul 14:00, Ada 668 Kasus Covid-19 di NTT

KUPANG, TIMORline.com-Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (01/04/2020), melaporkan, hingga pukul 14:00 wita terdapat 668 kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah itu.

Dalam laporan yang ditandatangani David A. Mandala dari Sekretariat Tim Gugus yang disebar Biro Humas dan Protokol Setprop NTT kepada media di Kupang, disebutkan, laporan tersebut bersumber dari Dinas Kesehatan 22 kabupaten/kota di NTT.

Disebutkan, dari 668 kasus Covid-19 yang terjadi di NTT, 76 orang di antaranya sudah sembuh/selesai pemantauan, yang menjalani rawat inap di rumah sakit enam orang dan menjalani karantina mandiri 585 orang.

Sehingga, jumlah total ODP saat ini di NTT 591 orang. Itu berarti hingga pukul 14:00 wita siang tadi ada penambahan 40 kasus.

Dari jumlah 668 kasus itu pula terungkap, enam kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Empat orang di antaranya sembuh, satu orang dalam perawatan dan satu orang lagi meninggal dunia. Sehingga, jumlah PDP saat ini di Propinsi NTT satu orang.

Dari laporan yang sama, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Propinsi NTT menyebutkan, Kota Kupang merupakan daerah dengan kasus terbanyak dan menempati urutan pertama dengan jumlah total 130 kasus ODP. Tetapi, 12 orang di antaranya sembuh atau selesai pemantauan, dua orang rawat inap di rumah sakit dan 116 orang menjalani karantina mandiri. Sedangkan kasus PDP nihil.

Setelah Kota Kupang, urutan kedua jumlah kasus terbanyak ditempati Kabupaten Sikka dengan total jumlah 79 kasus.

Dari jumlah itu, terungkap, 20 orang di antaranya sembuh atau selesai pemantauan. Sehingga, jumlah ODP di Kabupaten Sikka saat ini 59 orang. Sedangkan yang menjalani karantina mandiri 59 orang.

Di wilayah tengah Flores ini juga terdapat satu kasus PDP tetapi saat ini sudah sembuh.

Urutan ketiga, ditempati Kabupaten Manggarai Barat dengan jumlah 52 kasus. Enam orang di antaranya sembuh atau selesai pemantauan dan 46 orang lainnya menjalani karantina mandiri. Sehingga, jumlah ODP saat ini 46 orang. Sedangkan PDP satu orang meninggal dunia.

Daerah yang paling beruntung adalah Kabupaten Malaka. Dari jumlah kasus, daerah ini berada di urutan buntut dari 22 kabupaten/kota yang ada di NTT. Sebab, dari daerah ini baru terungkap tiga kasus Covid-19. Rinciannya, satu orang dirawat di rumah sakit, sedangkan dua lainnya menjalani karantina mandiri.

Menghadapi wabah Covid-19 saat ini, Kepala Biro Humas dan Protokol Setprop NTT Dr Jelamu Ardu Marius melalui media meminta masyarakat NTT bersikap tenang dan jangan panik.

Sebagai upaya-upaya pencegahan, Marius mengimbau masyarakat NTT mengikuti instruksi pemerintah dan tetap menjaga kebersihan dan hidup sehat yang baik.

Antara lain selalu mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan banyak orang dan selalu menjaga jarak dengan orang lain.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar