oleh

Kakanim Atambua Adakan Teleconference dengan Pejabat Struktural dan ASN di Perbatasan

-Nusantara-16 views

ATAMBUA, TIMORline.com-Aktivitas Kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pengawasan Imigrasi (TPI) Atambua tak pernah sepi, meski harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Untuk mengetahui dan mengawasi kinerja para pejabat struktural dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan instansi tersebut yang WFH, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua K.A. Halim melakukan teleconference dengan mereka, Senin (30/03/2020).

Dalam rilis yang diterima TIMORline.com, Senin (30/03) malam, Kakanim Halim menjelaskan, teleconference tersebut dilakukan untuk mengecek keadaan/kondisi para pejabat struktural dan ASN yang sedang WFH maupun yang sedang melaksanakan piket baik di Kantor Imigrasi maupun di empat Pos Lintas Batas Negara Terpadu (PLBNT) dan empat Pos Lintas Batas (PLB) di kawasan perbatasan RI-RDTL.

Dalam teleconference tersebut, Kakanim Halim bersama para pejabat struktural dan ASN membahas beberapa hal.

Sebagai misal, Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Torang Pardosi berpendapat, WFH agak sulit diterapkan bagi ASN yang bekerja di bagian pelayanan. Sebab, pelayanan harus berhadapan langsung dengan pemohon.

Masih menurut Torang, pekerjaan yang dilakukan dengan WFH, alangkah sebaiknya jenis pekerjaannya adalah untuk mempersiapkan pekerjaan yang sempat tertunda atau rencana kegiatan yang pasti tertunda yang lebih disebabkan kondisi darurat saat ini akibat ancaman penularan Covid-19.

Karena itulah, menurut Torang sebagaimana dikutip Kakanim Halim, perlu perencanaan ulang dalam menyesuaikan target kerja dari kalkulasi kerja seksi masing-masing.

Melalui teleconference tersebut, Kakanim Halim dan seluruh jajarannya sepakat untuk membuat standar operasional prosedur (SOP) mekanisme WFH.

“SOP ini diperlukan untuk mengatur perizinan bagi ASN Kanim Atambua yang akan melakukan WFH. Pertimbangan kita adalah beban kerja yang harus disamaratakan kepada setiap ASN dan output yang diharapkan dari pelaksanaan WFH tersebut”, katanya.

Terkait controlling management, Kakanim Halim berkomitmen untuk melaksanakan teleconference sebanyak dua kali dalam sehari. Pertama, dilakukan pada pukul 08.00 WIB/09.00 wita sampai dengan selesai sebagai implementasi dari persiapan kerja hari itu

Kedua, dilakukan pada pukul 14.00 WIB/15.00 wita sampai dengan selesai, sebagai pengawasan atasan terhadap bawahan dalam bentuk laporan virtual kegiatan hari itu.

“Saya harap WFH ini bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh ASN Kanim Atambua”, demikian Kakanim Halim.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar