oleh

Warga Malaka yang baru Datang dari Luar Diingatkan Periksakan Diri di Rumah Sakit

BETUN, TIMORline.com-Warga Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang baru datang dari luar baik dari luar daerah maupun luar negeri diingatkan segera memeriksakan diri di rumah sakit atau Puskesmas terdekat.

Peringatan ini disampaikan Direktris Rumah Sakit Umum Penyanggah Perbatasan (RSUPP) Betun dr Oktelin Kaswadie melalui media, Kamis (19/03/2020) malam sekira pukul 23.30 wita.

Menurut Oktelin, pemeriksaan diri itu dimaksudkan untuk menghindari Virus Corona (Covid-19). Sehingga, warga Malaka diingatkan cepat melapor dan tidak takut terhadap Covid-19.

Ini terutama bagi mereka yang sudah merasa sakit demam, batuk, pilek dan sesak napas.

“Justru semakin cepat melapor dan memeriksakan diri maka kita bisa menghindari kematian akibat penyakit ini. Warga juga perlu memutuskan kontak sosial dengan sanak keluarga yang baru datang selama 14 hari”, tandas Oktelin.

Para pimpinan wilayah di semua tingkatan mulai dari Ketua Rukun Tetangga (RT), Ketua Rukun Warga (RW), kepala dusun dan kepala desa diminta ikut mengawasi warga yang baru masuk ke wilayahnya.

Sebagai bentuk pengawasan, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka melakukan siaran keliling menggunakan mobil.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka drg Paskalia Elfrida Fahik menjelaskan, melalui siaran keliling itu masyarakat Malaka diingatkan tidak panik dan takut menghadapi Covid-19 tetapi tetap waspada.

Sikap waspada warga dapat ditunjukkan dengan melaporkan warga Malaka yang baru datang dari luar kepada kepala wilayah dan dibantu untuk memeriksakan diri di rumah sakit.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Baca Juga:  Disnakertrans Belu Adakan Diklat bagi Pencari Kerja

Komentar