Pancabanjir, Xanana Pantau Kota Dili

DILI, TIMORline.com-Tokoh nasional Timor Leste Xanana Gusmao memantau Kota Dili, ibukota negara Timor Leste, Sabtu (14/03/2020) siang.

Pemantauan itu dilakukan pancabanjir yang melanda Kota Dili, sehari sebelumnya, Jumat (13/03).

Hal ini dapat ditonton melalui sebuah video yang lagi viral yang dimuat pemilik akun faceboook Kiki Barros. Pada video itu diberi keterangan Avo Nana Mai Visita atau Bapak Xanana Datang Berkunjung.

Dalam video, Xanana tampak memakai kaos biru dipadu celana pendek biru tanpa alas kaki. Dia menyapa warga dan bercanda dengan anak-anak yang mengerumuninya.

Warga dan anak-anak itu disalami satu per satu. Ada anak-anak yang disalami dengan tos tangan sambil berjalan terus.

Xanana bahkan bertanya kepada anak-anak dalam Bahasa Tetun: tidak sekolah? Serentak anak-anak menjawab tidak.

Xanana lalu melanjutkan perjalanannya dengan menerobos kerumunan anak-anak itu dan puluhan orang dewasa. Anak-anak dan puluhan orang dewasa itu kemudian berjalan mengikuti Xanana dari belakang.

Dari video yang sama, terpantau kalau Kota Dili sekitar kawasan Colmera, Vilaverde dan Bidau Santa’ana mulai berangsur kering. Cuaca terlihat cerah.

Ibu-ibu yang sedang membersihkan halaman rumah dan melipat pakaian saat Xanana melintas, berkesempatan menyalami dan berbincang sejenak dengan Xanana.

Hujan lebat yang mengguyur Kota Dili selama hampir lima jam pada Jumat (13/03), sempat pula membuat ambruk Jembatan B.J. Habibie di Desa Bidau Santa’ana.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *