oleh

Jembatan B.J. Habibie di Dili Ambruk

DILI, TIMORline.com-Jembatan B.J. Habibie yang dibangun pemerintah negara Timor Leste untuk mengenang Presiden RI ke-3 B.J. Habibie sebagai tokoh pembebasan negara itu ambruk.

Foto ambruknya jembatan tersebut viral di media sosial facebook, mulai Jumat (13/03/2020). Tampak, sisa-sisa reruntuhan jembatan berada jauh di bawah. Tidak diinformasikan, kapan dan mengapa jembatan itu ambruk.

Yang pasti, pada Jumat (13/03) siang, terjadi hujan lebat hampir lima jam. Sampai-sampai Kota Dili digenangi air bagai banjir setinggi lutut orang dewasa. Sehingga, jembatan ini disebut-sebut ambruk karena diterjang banjir.

Jembatan B.J. Habibie dibangun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) asal Timor Leste dengan anggaran USD 3,9 juta. Letaknya di Desa Bidau Sant’ana Kota Dili.

Jembatan tersebut memiliki panjang 540 meter, lebar 8 meter dan 2 jalur, dilengkapi taman.

Peresmiannya dilakukan Presiden Timor Leste Lu Olo bersamaan dengan peringatan ke-20 Hari Pelaksanaan Jajak Pendapat di Dili, 29 Agustus 2019.

Saat itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono hadir sebagai Utusan Khusus Presiden RI Joko Widodo.

Dalam pernyataan resminya, Menteri Basuki menyatakan, pembangunan Jembatan B.J. Habibie di negara itu merupakan bukti bentuk kecintaan bangsa Timor Leste terhadap B.J. Habibie.

“Ini merupakan kehormatan bagi Pemerintah Indonesia dan khususnya Bapak Habibie,” demikian Menteri Basuki sebagai dikutip liputan6.com 30 Agustus 2019.

Editor: Cyriakus Kiik

Komentar