oleh

Prof Kameo: Pariwisata Itu Sektor Ekonomi yang Unik

KUPANG, TIMORline.com-Tenaga ahli Gubernur NTT Prof. Daniel D. Kameo, P.hD mengatakan, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang unik. Sebab, sektor ini mempunyai keterkaitan ekonomi baik dari sisi permintaan atau demand side maupun sisi penawaran atau supply side yang bervariasi dan bahkan kompleks.

Pernyataan ini disampaikannya di Kupang, Senin (02/03/2020). Ini terkait leading sector yang menjadi fokus program unggulan dalam kepemimpinan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat.

Pendapat Prof. Kameo ini bahkan sudah ditegaskannya dalam prolog buku: NTT Bangkit menuju Masyarakat Sejahtera: Perspektif Lima Misi Pembangunan NTT 2018-2023.

Dalam buku tersebut, Prof Kameo menggarisbawahi bagaimana dan mengapa sektor pariwisata ditetapkan sebagai motor penggerak ekonomi NTT dalam konteks pembangunan berkelanjutan, bersifat inklusif dan berbasis kekuatan sumber daya lokal.

Keterkaitan yang panjang dan kompleks ini, sebut Prof. Kameo, bisa diurut menggunakan analisis rantai pasok atau supply chain analysis atau dapat juga menggunakan analisis rantai nilai atau value chain analysis.

Guru besar ekonomi dan bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga ini menjelaskan, pengeluaran atau belanja seorang wisatawan memberikan pengaruh langsung pada berbagai industri seperti jasa transportasi (agen perjalanan, penerbangan, kapal penumpang, persewaan mobil, taxi dan lain sebagainya).

Pengaruh serupa terjadi dalam industri jasa akomodasi (penginapan, hotel, homestay); industri kerajinan, dan berbagai jasa hiburan.

Menurut Prof. Kameo, melalui proses multiplier, pengeluaran di sektor pariwisata berdampak juga pada sektor lainnya seperti sektor perbankan, pertanian, konstruksi, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.

“Karena itu, industri pariwisata akan menjadi salah satu sektor dominan dalam ekonomi dunia di masa yang akan datang”, katanya.

Menurut dia, sektor pariwisata tidak saja menjadi mesin penggerak atau lokomotif penarik gerbong ekonomi tetapi karena keterkaitannya yang bersifat multi-sektor. Sehingga, pengembangan sektor ini berdampak luas terhadap pelaku ekonomi yang bergiat di sektor-sektor ekonomi lainnya,” jelas Prof. Kameo.

Ditandaskan, dengan kekayaan sumber daya sektor pariwisata yang melimpah dan unik, sektor pariwisata tepat untuk diandalkan sebagai penggerak utama roda pembangunan NTT sekaligus dapat memotong rantai kemiskinan di NTT.

Editor: Cyriakus Kiik

Komentar