oleh

Cegah Pencurian Ternak, Kapolsek Laenmanen Minta Para Kades Hidupkan Pos Kamling

BETUN, TIMORline.com-Polsek Laenmanen di bawah komando Iptu Benediktus Bouk tidak pernah diam dalam menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah ini.

Salah satu masalah yang menjadi perhatian serius pihaknya adalah pencurian ternak sapi.

Untuk mencegah terjadinya berbagai aksi pencurian sapi di wilayah hukum Kecamatan Laenmanen, Iptu Benediktus selaku Kapolsek Laenmanen meminta para kades se-Kecamatan Laenmanen untuk menghidupkan kembali Pos Keamanan Lingkungan (Kamling) di desa masing-masing.

Kapolsek Laenmanen Iptu Benediktus Bouk yang ditemui di kantornya, Rabu (26/02/2020), menjelaskan, kehadiran Pos Kamling di desa sangat penting. Sebab, ruang gerak para pencuri termasuk para pemcuri sapi di desa dapat dibendung melalui Pos Kamling.

Menurut Kapolsek Benediktus, nantinya warga desa dilibatkan untuk jaga malam di Pos Kamling. Tetapi, utamanya anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di desa dapat diberdayakan.

“Kita minta para Kepala Desa menyampaikan kepada masyarakat supaya masyarakat yang punya sapi diikat atau dikandangkan dekat rumah sehingga mudah dikontrol”, katanya.

Kapolsek Benediktus lebih jauh berharap warga yang punya sapi tidak diikat dalam kebun atau jauh dari rumah.
“Kalau sapi diikat dalam kebun atau jauh dari rumah akan sulit dikontrol”, tandas Kapolsek Benediktus.

Selain itu, Kapolsek Benediktus juga mengingatkan warganya untuk segera melapor ke kepolisian bila ada kehilangan ternak.

“Laporan warga sebagai pemilik sapi menjadi dasar pencarian polisi. Tetapi, polisi tidak sendirian. Polisi melakukan pencarian bersama-sama dengan pemilik sapi, pemerintah desa dan warga desa setempat, termasuk anggota Linmas. Kerjasama ini sangat penting”, demikian Kapolsek Benediktus.

Penegasan Kapolsek Benediktus ini sudah disampaikan pula dalam forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Tingkat Kecamatan Laenmanen pada Selasa 11Pebruari 2020 lalu.

Hadir pada kesempatan itu para pejabat Kabupaten Malaka, para anggota DPRD Malaka khususnya asal Daerah Pemilihan III, Camat Laenmanen, para kades se-Kecamatan Laenmanen, para pendidik dan tenaga medis se-Kecamatan Laenmanen dan para pemangku kepentingan lainnya di wilayah itu.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar