Peserta Musrenbangcam Malaka Timur Usulkan Enam Kegiatan Prioritas

BETUN, TIMORlian.com-Peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Tingkat Kecamatan Malaka Timur Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengusulkan enam kegiatan prioritas untuk Tahun Anggaran 2021.

Enam usulan itu disepakati dalam forum Musrenbangcam Tingkat Kecamatan Malaka Timur di Kantor Kecamatan Malaka Timur, Senin (17/02/2020).

Musrenbangcam ini dipimpin Camat Malaka Timur Kristina Ngadji, didampingi dua pimpinan DPRD Malaka, yakni Devi Ndolu dan Hendrikus Fahik Taek bersama Kepala Bidang Sarana Prasarana pada Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kabupaten Malaka Mikhael Laka.

Usulan kegiatan prioritas itu disepakati setelah mendengar berbagai masukan dari peserta. Antara lain pimpinan Dewan yang hadir, anggota Dewan asal Daerah Pemilihan III yang hadir, para kepala desa, para pendidik, para petugas kesehatan, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), para tokoh masyarakat dan tokoh perempuan.

Sebelum adanya masukan-masukan peserta, pihak BP4D Kabupaten Malaka menyampaikan sebaran rencana program dan kegiatan yang nantinya dimuat dalam Dokumen Rencana Daerah 2021.

Dari dinamika yang berkembang dalam forum Musrenbangcam tersebut, para peserta menyepakati enam usulan kegiatan untuk dibawa dalam forum Musrenbang Tingkat Kabupaten.

Keenam usulan kegiatan prioritas itu adalah pembangunan jembatan yang menghubungkan Kecamatan Malaka Timur dengan Kecamatan Laenmanen, Penataan Pasar Boas, Peningkatan Jalan berupa Lapen yang menghubungkan Dusun Mesit Desa Kusa ke Dusun Nekto di Desa Raiulun, Pembangunan Unit Sekolah Baru SMP Negeri Numponi, Penataan Ksadan Dirma, dan Normalisasi Daerah Aliran Sungai Felumasin.

Camat Malaka Timur Kristina Ngadji mengharapkan kerjasama dan dukungan semua pihak untuk membangun wilayahnya. Sebab, usulan-usulan prioritas masyarakat itu belum tentu diakomodir di kabupaten.

“Yang mengusulkan dan butuh anggaran bukan hanya Malaka Timur. Kecamatan lain juga butuh anggaran untuk pembangunan di wilayahnya”, demikian Camat Kristina.

Anggota DPRD Malaka asal Daerah Pemilihan III Markus Baria Berek menyatakan komitmennya untuk mengawal usulan-usulan kegiatan prioritas dari daerah pemilihannya dalam Musrenbang Kabupaten.

“Kita kawal dan perjuangkan usulan-usulan kecamatan ke kabupaten. Sebab, kita harus berebutan dengan kecamatan lain”, tandas Markus.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang copy