oleh

Pesta Emas STMK Nenuk Jadi Titik Tumpuan Terbaik menuju Milenium Baru

ATAMBUA, TIMORline.com-Sekolah Teknik Menengah Katolik (STMK) Santo Yosef Nenuk Desa Naikasa Kecamatan Tasifeto Barat Kabupaten Belu Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (30/01/2020) hari ini, berusia emas.

Pesta usia emas ini ditandai dengan perayaan ekaristi kudus secara konselebrasi yang dipimpin Provinsial SVD Timor Pater Didimus Nai, SVD. Ekaristi kudus ini berlangsung di Aula Utama STMK Nenuk, Kamis (30/01/2020) pagi.

Selama memimpin perayaan ekaristi, Pater Didimus didampingi Ketua Yayasan Aryos Pater Yustus Asa, SVD, Kepala STMK Nenuk Pater Pieter Dile Bataona, SVD dan Pater Irenius Boli Lola, SVD.

Pater Didimus selaku konselebran utama dalam kotbahnya, mencatat tiga hal. Ketiga hal itu diharapkan menjadi refleksi semua elemen STMK Nenuk menuju milenium baru. Baik para pengelola dan penyelenggara sekolah, para murid dan alumni.

Ada pun ketiga hal itu, yakni mampu membentuk mind set (pembentukan pola pikir), heart set (pembentukan hati) dan skill set (pembentukan ketrampilan).

Dijelaskan, kehadiran sebuah lembaga pendidikan seperti STMK Nenuk harus mampu membentuk karakter seseorang. Bila sebaliknya, lembaga ini telah gagal menjalankan visi dan misinya. Sehingga, semua elemen yang terlibat dalam lembaga pendidikan STMK Nenuk harus menjadikan STMK Nenuk titik tumpuan terbaik ke depan menuju milenium baru.

Selain membentuk pola pikir atau karakter, STMK Nenuk harus hadir untuk membangun heart set (pembentukan hati). Hal ini akan membuat setiap lulusannya rendah hati, memiliki solidaritas yang kuat dan terbuka terhadap kemajemukan melalui kehidupan yang berbasis asrama. Sehingga, tidak ada perbedaan etnis Timor, Flores, Jawa, dan lainnya selama di asrama.

Hal lainnya adalah skill set (pembentukan ketrampilan). “Sebagai sekolah teknik, di sini pentingnya lulusan STMK Nenuk. Paling tidak bisa bangun rumah sendiri”, tandas Pater Didimus.

Menurut Pater Didimus, usia emas harus dijadikan tahun syukur, tahun rahmat Tuhan dan tahun sentuhan kasih Tuhan.

Lebih jauh Pater Didimus memgingatkan agar semua civitas akademika STMK Nenuk selalu berpegang teguh pada visi dan misi lembaga.

Sebab, menurut Pater Didimus, visi dan misi lembaga harus menjadi petunjuk arah ke mana kita pergi. Sehingga, semua elemen STMK Nenuk harus tahu itu. Baik siswa, guru maupun alumni.

“Dengan visi dan misi ini, STMK Nenuk itu harus menjadi titik tumpuan yang benar untuk membuat loncatan dalam hidup menjadi loncatan yang panjang atau pendek”, demikian Pater Didimus.

Perayaan ekaristi ini dimeriahkan koor STMK Nenuk dengan dirigennya Lia Ulu dan Febby Habu.

Hadir Plh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Belu Marsel Mau Meta, para alumni, pengurus yayasan, dewan guru, para murid dan undangan lainnya.

Saat berita ini diturunkan, acara ramah tamah masih berlangsung.

Penulis/Editor:Cyriakus Kiik

Komentar