Ratusan Umat Katolik Hadiri Misa Syukur Pelantikan Anggota DPRD Malaka dari PKB

LOONEKE, TIMORline.com-Ratusan umat katolik Kapela Santo Antonius Padua Looneke Paroki Kaputu Keuskupan Atambua di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menghadiri Misi Syukur Pelantikan Antonius Un menjadi anggota DPRD Kabupaten Malaka Periode 2019-2024 di Kapela Santo Antonius Padua Looneke, Jumat (24/01/2020).

Antonius adalah salah satu dari 25 anggota DPRD Malaka saat ini. Dia berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Saat Pemilu Legislatif 2019, Antonius mencalonkan diri dari Daerah Pemilihan (Dapil) III Kabupaten Malaka. Dapil ini terdiri dari lima kecamatan, yakni Kecamatan Botin Leobele, Sasitamean, Io Kufeu, Laenmanen dan Malaka Timur.

Sebelum perayaan ekaristi, Antonius diarak secara adat. Ada sapaan adat dari sejumlah tetua adat. Selaku juru bicara adalah Yeremias Runa.

Dalam sapaan adat itu, Yeremias bersama teman-temannya menyerahkan Antonius kepada Tuhan dan para leluhur. Dari Tuhan dan leluhur, mereka memohon kekuatan, kuasa dan bimbingan untuk menjadi orang bijak sebagai anggota DPRD Malaka.

Usai sapaan adat, rombongan pastor dan Antonius dijemput tarian likurai dari SMPN Kelas Jauh SMPN Rafau-Looneke. Selanjutnya, rombongan diantar ke dalam gereja dengan tarian bidu dari SDK Looneke.

Suasana perayaan ekaristi dimeriahkan paduan suara dari umat Kapela Santo Antonius Padua Looneke. Selaku dirigen adalah Rita Moi.

Yang menarik, lagu-lagu yang dinyanyikan koor, menggunakan dua bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Dawan R dan Dawan L.

Thema Misa Syukur ini Serahkanlah Kekuatiranmu kepadaNya sebab Ia yang Memelihara Kamu yang dikutip dari I Petrus: 5: 7.

Dalam kotbah, Romo Yonatas Nahak, Pr mengingatkan umat katolik yang hadir untuk tidak kuatir akan kehidupan yang dijalani saat ini. Sebab, tidak ada hal yang perlu dikuatirkan.

“Manusia dituntut untuk bersikap positif terhadap semua persoalan yang kita hadapi dalam kehidupan kita. Wujud nyata dari kebersamaan. Sebab, kita tidak bisa hidup dalam kesendirian kita”, katanya.

Kepada Antonius Un yang saat ini telah menjadi anggota DPRD Malaka, Romo Yonatas mengingatkan, alam sesungguhnya wujud nyata kehadiran Tuhan. Alam itu ada di kampung. Sehingga, harus kembali ke kampung. Sebab, hanya sedikit orang yang hidup di kota bisa kembali ke kampung.

“Anton sudah terpilih dan dilantik menjadi wakil rakyat. Dia orang kampung. Dari kampung menjadi wakil orang kampung. Sebagai orang kampung, serahkanlah diri dan pekerjaanmu kepada Tuhan”, demikian Romo Yonatas.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *