oleh

Kodim 1605/Belu Antisipasi Bencana Alam

ATAMBUA, TIMORline.com-Seluruh jajaran Kodim 1605/Belu yang berada di bawah teritori Korem 164/Wira Sakti Kupang diperintahkan untuk mengantisipasi bencana alam.

Perintah ini diungkapkan Dandim 1605/Belu Letkol Inf Ari Dwi Nugroho dalam acara coffee morning bersama wartawan di Atambua, ibukota Kabupaten Belu, Selasa (14/01/2020).

Perintah itu dikeluarkan menyusul adanya cuaca dengan curah hujan yang sangat ekstrim di awal 2020 ini.

Babinsa sebagai ujung tombak masyarakat diminta bekerjasama dengan masyarakat dalam mengantisipasi berbagai jenis bencana alam yang terjadi.

Dandim Ari memperkirakan, jenis bencana alam yang bakal terjadi adalah tanah longsor, pohon tumbang, penyakit menular dan banjir.

“Kejadian-kejadian ini harus diantisipasi. Saya sudah perintahkan para Babinsa agar cepat dan tanggap terhadap situasi,” kata Dandim Ari.

Meskipun sudah ada perintah, hingga berita ini diturunkan, pihak Kodim 1605/Belu belum menerima laporan informasi bencana terkait kondisi cuaca dengan curah hujan yang ekstrim saat ini.

“Belum ada bencana, tapi kita tetap koordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD untuk melakukan tindakan-tindakan antisipatif,” tandas Dandim Ari.

Untuk mengetahui bencana alam yang akan terjadi, Dandim Ari mengerahkan anggotanya baik Babinsa dan personil TNI di setiap Koramil untuk memberi perhatian terhadap lokasi-lokasi rawan bencana.

“Langkah ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga, para Babinsa diharapkan tetap berada di tengah situasi hidup masyarakat dan menjalankan aktivitas seperti biasa”, kata Dandim Ari. (ans)

Editor: Cyriakus Kiik

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed