oleh

FPPA Timor Bangun Solidaritas Perjuangan Perempuan

ATAMBUA,  TIMORline.com-Forum Peduli Perempuan dan Anak (FPPA)  Timor yang diketuai Sr.  Sisilia,  SSpS membangun solidaritas perjuangan kaum perempuan setempat dari waktu ke waktu.

Solidaritas perjuangan ini dilakukan FPPA Timor dengan menggandeng berbagai elemen,  termasuk Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Ketua FPPA Timor yang ditemui di kantornya,  Rabu (08/01/2020), menjelaskan,  solidaritas perjuangan itu dilakukan untuk mencegah perdagangan manusia dan berbagai tindak kekerasan yang menimpa kaum perempuan dan anak.

Bagi Sr.  Sisilia, kehadiran TNI di perbatasan Timor termasuk salah satu keterlibatan TNI dalam mencegah tindak pidana perdagangan orang dan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Perjuangan solidaritas FPPA Timor ini sesuai Visi dan Misi yang diembannya, yakni:

VISI :
Terwujudnya dunia damai tanpa kekerasan terhadap perempuan dan anak untuk mengakui hak dan martabat   kaum perempuan  dan anak secara utuh sebagai citra Allah yang memiliki harkat martabat setara dengan laki-laki.

MISI :
Misi lintas batas (lintas agama, suku, budaya, negara, ras dan sebagainya), meliputi :

1. Memperjuangkan hak-hak kaum perempuan dan anak agar perempuan dan anak-anak bebas dari rasa takut terhadap ancaman kekerasan.
2. Memberdayakan perempuan agar melepaskan diri dari segala macam bentuk kekerasan karena ketergantungannya pada laki-laki.
3. Membangkitkan kesadaran kritis akan hak-hak kaum perempuan yang dimulai dari keluarga, masyarakat dan negara.
4. Membangun solidaritas bagi perjuangan hak perempuan di antara mereka yang peduli pada masalah-masalah kaum perempuan.
5. Meningkatkan kualitas kehidupan kaum perempuan   baik wawasan maupun kecakapan hidup atau skill-nya
6. Memperjuangkan penegakkan hukum yang berkeadilan gender lewat sistem peradilan pidana terpadu
7. Memperjuangkan kebenaran keadilan dan perdamaian bagi orang yang tertindas, patah semangat atau diperlakukan tidak adil dari pihak mana pun.

Untuk mewujudkan Visi dan Misi ini,  FPPA mempunyai program  kerja,  yang meliputi Pendidikan  Penyadaran, Pendampingan, Pemberdayaan Perempuan, Pembentukan dan Penguatan kelompok-kelompok basis menjadi kelompok dukungan atau group, Repatriasi dan Rekonsiliasi, dan memberikan bantuan darurat pada saat-saat mendesak. (bgr)

Editor: Cyriakus Kiik

Komentar