oleh

Dukung Program Kesehatan Presiden Jokowi, Tim Puskesmas Tunabesi Lakukan Pendataan dari Rumah ke Rumah

-Nusantara-104 views

BETUN, TIMORline.com-Salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo adalah Program Indonesia Sehat. Untuk mendukung dan menyukseskan program ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan keluarga, dikenal dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).
Pihak Puskesmas Tunabesi Desa Tunabesi di Kecamatan Io Kufeu Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak mau tinggal diam. Sebuah tim yang dipimpin langsung Kepala Puskesmas Tunanesi Maria Imelda Theresia Bubu saat ini sedang melakukan pendataan dan pemeriksaan kesehatan warga setempat sebagai rangkaian dari kegiatan PIS-PK.
Kepala Puskesmas Tunabesi Maria Theresia Imelda Bubu di sela-sela kegiatan Kesehatan Masyarakat di Hotel Ramayana, Betun, Rabu (27/11/2019), menjelaskan, dalam kegiatan PIS-PK yang dilakukan dengan berkunjung dari rumah kje rumah, tim membawa dua format. Satu format untuk pendataan keluarga. Format lainnya untuk pendataan pribadi.
Untuk format keluarga, data yang diambil adalah jumlah anggota keluarga, sanitasi air bersih, jamban keluarga dan orang dengan gangguan jiwa. Sedangkan untuk format individu, data yang diambil menyangkut anggota keluarga apakah punya Kartu Indonesia Sehat atau tidak, merokok atau tidak. Dalam keseharian ada air bersih atau tidak, gunakan jamban atau tidak.
Selain pendataan, tim Puskesmas ini juga melakukan pemeriksaan kesehatan warga yang menderita sakit TBC, darah tinggi, ibu hamil dan balita.
Untuk saat ini, kata Imelda, pendataan dan pemeriksaan kesehatan warga dilakukan di Desa Tunabesi.
“Saat ini, kami sudah melakukan pendataan dan pemeriksaan terhadap 175 warga Desa Tunabesi. Kami langsung kunjungi mereka dari rumah ke rumah”, kata Imelda.
Data-data ini, menurut Imelda, akan dikirim kepada Presiden melalui Kementerian Kesehatan RI. Sebab, Program Indonesia Sehat itu adalah program Presiden Jokowi.
Dia mengharapkan warga setempat sadar akan kesehatan lingkungan. Sehingga, tidak buang air sembarang dan mengelolah limbah cair dalam rumah tangga secara baik.
Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar