oleh

BNN RI dan Kepolisian Timor Leste Kerjasama Cegah Kejahatan Narkoba

ATAMBUA, TIMORline.com-Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) dan Kepolisian Nasional Timor Leste berkomitmen untuk bekerjasama mencegah kejahatan narkoba di kedua negara.
Komitmen itu dicapai dalam Bilateral Meeting  antara Kepala BNN RI dan Kepala Kepolisian Nasional Timor Leste di Aula Lantai 3 PLBN Motaain Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (29/10/2019).
Selain Kepala BNN RI, turut hadir Deputi Hukum dan Kerjasama serta Deputi Cegah BNN RI, United Nation Office of Drugs and Crime (UNOCD) Manager Country Mr. Collie Brown, Agent Consulado Timor Leste dan Wakil Ketua Polisi Nasional Timor Leste bersama jajarannya, Kepala BNN Propinsi NTT, Pejabat yang mewakili Forkopimda Plus Kabupaten Belu, Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Belu, Pimpinan Instansi Vertikal Kabupaten Belu dan undangan lainnya.
Dalam Bilateral Meeting ini, kedua negara membahas kerjasama yang dapat dibangun kedua negara dalam mencegah kejahatan narkoba.
Kepala BNN RI Komjen. Pol. Drs. Heru Winarko, SH dalam sambutannya menegaskan, pertemuan bilateral antara Indonesia dengan Delegasi Timor Leste ini bertujuan memperkuat kerjasama bilateral dalam pencegahan dan penanggulangan kejahatan narkoba yang menjadi persoalan di wilayah Perbatasan Timor. Heru mengungkap, jenis narkoba yang sering transit di Indonesia adalah jenis methamphetamin.
‘’Jadi, pertemuan kita kali ini tujuannya bagaimana kita menekan masuk-keluarnya narkoba di kedua negara ini. Karena saat ini narkoba sudah menjadi permasalahan kejahatan di Indonesia,’’ kata Heru.
Bagi Heru, yang paling penting dalam pertemuan itu adalah saling menginformasikan hal-hal yang dialami sebelumnya untuk menemukan jalan keluar dalam memberantas narkoba di masing-masing negara.
Wakil Kepala Polisi Nasional Timor Leste Mateus Fernandes mengatakan, untuk mendukung pencegahan narkoba di negara Timor Leste mereka sangat membutuhkan bantuan Indonesia terlebih capacity building untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam menanggulangi narkoba di wilayah Timor Leste.
“Kami dari Timor Leste sangat senang dan berterima kasih karena dengan adanya kegiatan ini yang bisa mempertemukan kami dengan saudara-saudara di tempat ini karena memang kami adalah saudara. Karenanya kami mohon dukungan dan kerjasama yang baik dalam hal peningkatan kapasitas SDM,” ungkap Mateus.
Mateus mengharapkan setelah pertemuan ini BNN RI bisa memberikan pelatihan-pelatihan dalam hal penanganan narkoba.
Dalam rapat ini ada pula presentasi/pemaparan menyangkut kejahatan narkoba dan hal-hal yang berkaitan dengan perbatasan. Dilanjutkan sharing pengalaman kedua negara untuk mencari solusi terbaik dalam mencegah narkoba.
Usai diskusi bersama, dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Kepala BNN RI kepada Kepolisian Nasional Timor Leste dan sebaliknya.
Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar