oleh

Pemdes Ikan Tuanbeis Bangun Embung Oeseran

EFUDINI, TIMORline.com-Pemerintah Desa (Pemdes) Ikan Tuanbeis Kecamatan Io Kufeu Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini sedang membangun Embung Oeseran.
Kegiatan pekerjaan berupa pembersihan jalan masuk ke lokasi dan penggalian embung sudah berlangsung sejak dua minggu lalu.
Sesuai pantauan TIMORline.com di lokasi, Jumat (18/10/2019) siang, jalan masuk ke lokasi sekira 100 meter. Letaknya di lereng, di atas lahan garapan milik dua warga Dusun Taekama.
Di lokasi ini, sebuah excavator merk komatsu yang dikemudikan Yan, sedang beroperasi. Tanah digaruk. Batu-batu diangkat. Tempat penampung air semakin dalam. Tampak, sudah ditemukan tanah basah.
Kepala Desa (Kades) Ikan Tuanbeis Kornelis Molo bilang, tanah basah yang ditemukan itu menandakan air sudah dekat.

“Kalau digaruk terus, satu atau dua meter ke dalam sudah ada air. Kita usahakan supaya temukan sumber air yang sebenarnya. Sehingga, debitnya besar. Sebab, air yang ada akan digunakan untuk semua kebutuhan”, kata Kades Kornelis.
Menurut dia, air embung yang ada akan digunakan warga untuk kebutuhan air bersih. Nanti dialirkan ke pemukiman warga.
“Embung ini akan digunakan warga dua dusun, yakni Dusun Taekama dan Efudini”, tandas Kades Kornelis.
Selain untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga, air embung Oeseran ini akan dimanfaatkan untuk kebutuhan ternak dan tanaman lahan kering warga di sekitar embung.
Untuk kepentingan pemerintah desa, Kades Kornelis akan bangun bak ikan di dekat embung.
“Bibit ikan sudah dipesan. Kalau embung sudah selesai, pasti air sudah ada. Tinggal buat bak”, demikian Kades Kornelis.
Kades yang hobi karaoke ini mempunyai impian untuk membangun embung di setiap dusun selama kepemimpinannya.
“Rencana saya, satu dusun satu embung. Saat masa jabatan saya berakhir, di Ikan Tuanbeis sudah harus ada tujuh embung. Sebab, Desa Ikan Tuanbeis terdiri dari tujuh dusun. Kita kerja apa-apa butuh air”, demikian Kades Kornelis.
Bala, putera salah satu warga yang lahannya diambil untuk lokasi Embung Oeseran sangat berterimakasih kepada Pemdes Ikan Tuanbeis atas penempatan embung di lahan garapan orangtuanya. Sebab, air embung tersebut bisa digunakan untuk semua kebutuhan. Warga yang akan memanfaatkannya adalah warga Dusun Taekama dan Efudini.
Anggarannya bersumber dari APBN melalui APBDes Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp194.152.700 yang pengerjaannya dilakukan secara swadaya.
Embung ini merupakan embung kedua yang dibangun dalam masa kepemimpinan Kades Kornelis. Embung pertama terletak di Oebone. Dibangun pada tahun anggaran 2018 menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2018.
Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar