Minggus Manek, Penjabat Kades Babotin yang Loyal

MINGGUS Manek. Begitu sapaannya. Nama lengkapnya Dominggus Manek. Terlahir dari keluarga sederhana dan terpandang. Berwibawa dan murah hati. Berkarakter tenang tapi jenius.
Beberapa tahun lalu, Minggus diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Saat ini tercatat dan memangku jabatan Kepala Sub Bagian Keuangan (Kasubag) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Malaka.
Selain jabatan Kasubag Keuangan, Minggus diserahi tugas-tugas lainnya, sebagai Bendahara Satuan Kerja (Satker) Dana Tugas Pembantuan dan Petugas Aplikasi Keuangan Satker.
Tidak cuma itu. Terhitung 10 Oktober 2019, Minggus dilantik Bupati Malaka Stefanus Bria Seran menjadi Penjabat Kepala Desa (Kades) Babotin di Pantai Motadikin Desa Fahiluka Kecamatan Malaka Tengah.
Peran-peran ini dijalani dengan baik dan lancar tanpa menggerutu. Sebab, motto kerja Minggus adalah Loyal, Transparan, Bermartabat dan Bermasyarakat.
Bagaimana bisa membagi waktu untuk urusan kerja dan keluarga, Minggus hanya tersenyum. Baginya, disiplin waktu itu sangat penting. Dengan demikian, semua urusan bisa terselesaikan dengan baik. Hitung-hitung, jumlah waktu untuk urusan kerja lebih banyak dalam sehari dibanding jumlah waktu untuk urusan keluarga. Tetapi, waktu untuk kerja ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, jangan membiarkan waktu berlalu begitu saja.
“Kalau jumlah waktu yang banyak itu dibiarkan berlalu begitu saja, tetap tidak ada gunanya. Sebaliknya, jumlah waktu yang sedikit digunakan secara maksimal akan terasa manfaatnya. Semua yang direncanakan dan dikerjakan terselesaikan tepat waktu”, tandas Minggus.
Disiplin waktu Minggus ini ditunjukkan pula dalam hal laporan keuangan. Sehingga, tugas-tugas keuangan kantor selalu dipercayakan pimpinan kepadanya. Tugas ini pernah diembannya ketika menjabat Kasubag Umum dan Kepegawaian di Kantor Kecamatan Io Kufeu. Dalam jabatan ini, Minggus merencanakan kegiatan dan mengalokasikan jumlah anggaran kegiatan di lingkup Kecamatan Io Kufeu.
Selain jabatan Kasubag Umum dan Kepegawaian, kepada Minggus juga diserahi tugas Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Dalam jabatan ini, Minggus urus kegiatan dan uang untuk desa-desa di wilayah Kecamatan Io Kufeu.
Minggus yang Sarjana Teknologi Pertanian ini mengaku, yang membuatnya menyelesaikan tugas-tugasnya tepat waktu adalah kesiapan hatinya menerima pekerjaan. “Saya merasa memiliki pekerjaan yang diberikan atasan. Sehingga, saya tidak merasa terbeban dengan pekerjaan itu. Semua pekerjaan itu tanggungjawab. Sebagai tanggungjawab, sejauh berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi jabatan atau sebagai ASN, wajib hukumnya dijalankan. Disuruh tidak disuruh, diperintah tidak diperintah, suka tidak suka, mau tidak mau, wajib dilaksanakan”, tandas Minggus.
Dalam urusan keuangan, suami Flafiana Amanda Mea kelahiran Sonaf 13 Januari 1980 ini terus memperkaya pengetahuan dan menambah wawasannya. Caranya dengan mengikuti berbagai kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis keuangan baik di lingkup Kabupaten Malaka maupun di luar Kabupaten Malaka.
Terakhir, ayah dari Juan, Cateleya dan Tita ini mengikuti Tes Laporan Keuangan Satker di Bekasi, Jawa Barat. Sesuai hasil tes, Minggus diumumkan dan keluar sebagai peringkat lima dari 129 peserta asal kabupaten/kota di seluruh Indonesia.
“Panitia dan peserta lain tanya, dari Malaka, ya? Malaka itu di mana. Sudah lama jadi bendahara, ya?”, kata Minggus sambil tersenyum mengutip kesan panitia dan peserta lain saat itu.
Kepada panitia dan para peserta lain, anak ke-7 dari delapan bersaudara pasangan ayah-ibu Dominikus Kabosu-Elisabeth Bete Neno ini dengan santun membenarkan kalau dia berasal dari Kabupaten Malaka di Nusa Tenggara Timur (NTT).
Dalam keseharian di kampung, Minggus termasuk orang yang suka hidup bermasyarakat. Kalau ada urusan keluarga, dia lebih memilih berada di dapur daripada berada di kursi tetamu dan undangan.
Semangat terus dan teruslah bersemangat. Berikanlah yang terbaik untuk Malaka.
Dengan motto Loyal kepada atasan, Minggus berkomitmen untuk mengemban tugas terbarunya sebagai Penjabat Kades Babotin. Dengan bekal ilmu pertanian yang dimilikinya, Minggus akan bekerja keras untuk menyukseskan Program Revolusi Pertanian Malaka (RPM) di Desa Babotin sebagai dukungan nyata terhadap kepemimpinan dan program kerja Bupati Malaka Stefanus Bria Seran.
Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *