Simpan Pinjam BUMDes Sinar Agung Lorotolus Tingkatkan Ekonomi Keluarga

BETUN, TIMORline.com-Unit Usaha Simpan Pinjam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sinar Agung Lorotolus Desa Lorotolus Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sangat membantu masyarakat setempat dalam meningkatkan ekonomi keluarga.
Hal itu diungkap Kepala Desa (Kades) Lorotolus Yakobus Ung Luis kepada TIMORline.com di kediamannya, Selasa (15/10/2019).
Kades Yakobus menjelaskan, pinjaman yang diberikan kepada warganya berkisar antara Rp5-6 juta.
“Bunga pinjamannya lima persen. Sehingga, kita harap pinjamannya bisa bergulir terus”, kata Kades Yakobus.
Co Luis, begitu akrabnya Kades Yakobus, hingga saat ini warga Desa Lorotolus yang melakukan pinjaman di BUMDes tercatat 10 orang.
“Jumlah peminjam sedikit tapi pinjamannya cepat dikembalikan. Lebih baik sedikit orang yang pinjam tapi cepat dikembalikan daripada banyak orang yang pinjam tapi susah dikembalikan. Sebab, mudah pinjam tapi pengembaliannya susah sekali”, tandas Kades Co Luis.
Untuk menopang pengembangan pengelolaan BUMDes, pihak Pemerintah Desa telah menyertakan modal dua kali dengan jumlah dana hampir Rp100 juta.
Disebutkan, pada 2017, Pemerintah Desa menyertakan modal sebesar Rp50 juta lebih. Sedangkan pada 2019, disertakan modal Rp42 juta lebih.
“Usaha simpan pinjam ini berjalan sampai sekarang dan bagus sekali. Ada yang pinjam untuk buka bengkel. Letaknya di depan jalan umum. Bengkel ini berhasil sekali. Kalau tidak percaya, silahkan ke sana. Cek sendiri, sekaligus ambil foto”, demikian Kades Co Luis.
Di BUMDes, Kades Co Luis tercatat sebagai komisaris. Kantor juga di rumahnya. Tetapi, pengurus yang mengelolanya.
“Saya komisaris tapi yang kelola pengurus”, demikian Kades Co Luis.
Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *