Puskesmas Penfui-Kota Kupang Adakan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi di SMK Sint Carolus

KUPANG, TIMORline.com-Puskesmas Penfui Kota Kupang mengadakan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi dan Pemeriksaan Umum Kesehatan di SMK Sint Carolus Penfui Kota Kupang.
Sebagai narasumber, dr Dessy menerangkan, penyuluhan itu dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi SMK Sint Carolus agar mereka mengerti tentang manfaat kesehatan reproduksi.
Dokter Dessy mengungkap, kesehatan reproduksi meliputi tanda puberitas, haid, mimpi basah dan penyakit menular seksual Human Immunodeficiency Virus (HIV). Sedangkan pemeriksaan umum kesehatan meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan pemeriksaan keadaan umum seperti kulit, telinga dan gigi.
Siswa-siswi tampak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Ini terbukti dari banyaknya siswa-siswi yang bertanya soal manfaat kesehatan reproduksi.
Menanggapi pertanyaan siswa-siswi, dr. Dessy menganjurkan agar selalu membiasakan diri hidup sehat. Sebab, hidup sehat itu tidak dibeli, seperti cara mencebok yang benar, selalu mengganti pembalut minimal empat jam atau bila sudah penuh dan lembab, ganti pakaian dalam bagi yang perempuan. Sedangkan bagi laki-laki dianjurkan untuk sunat.
Para siswi juga dianjurkan untuk menghargai tubuh mereka dan selalu melindungi daerah sensitif seperti bibir, leher, dada/payudara, bokong dan alat kelamin agar tidak disentuh orang lain.
Editor: Cyriakus Kiik
Kontributor: Jolly Mali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *