Kemendagri Desak Pemkab dan Bawaslu Malaka segera Tandatangan NPHD

BETUN, TIMORline.com-Pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat untuk menandatangani Naskah Persetujuan Hibah Daerah (NPHD) Tahun 2019 pada Senin (14/10/2019).
Dana hibah daerah ini direncanakan untuk biaya pengawasan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2020 mendatang.
Hal ini dicapai dalam pertemuan di Kemendagri, Senin (07/10/2019) siang. Hadir dalam pertemuan itu, Bupati Malaka Stefanus Bria Seran, Kepala Badan Keuangan dan Pengelolaan Aset Daerah (BKPAD) Kabupaten Malaka Aloysius Werang dan Ketua Bawaslu Kabupaten Malaka Pieter Nahak Manek.
Ketua Bawaslu Kabupaten Malaka Pieter Nahak Manek yang dihubungi TIMORline.com melalui akun WhatsApp-nya, Senin (07/10/2019) malam, menjelaskan, pihak Kemendagri bersama Pemkab Malaka dan Bawaslu Malaka bersepakat bahwa batas akhir penandatanganan NPHD pada Senin 14 Oktober 2019. Sehingga, menurut Pieter, paling lambat pembahasan anggaran Pilkada Malaka 2020 antara Bawaslu dengan Pemkab Malaka berakhir pada Jumat 11 Oktober. Namun, Pieter enggan mengungkap akibat ketiadaan anggaran pengawasan pilkada.
Pada 1 Oktober lalu, pihak Pemkab Malaka bersama Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) sudah menandatangani NPHD Tahun Anggaran 2019 senilai Rp14,5 miliar. Sedangkan untuk pihak Bawaslu dianggarkan dana sebesar Rp4,5 miliar. Tetapi, hingga berita ini diturunkan, Pemkab Malaka dan Bawaslu Malaka belum menandatangi NPHD.
Pihak Bawaslu sendiri pernah mengusulkan anggaran Pilkada serentak ke Pemkab Malaka sebesar Rp12,5 miliar. Setelah dilakukan rasionalisasi, besaran anggaran itu turun menjadi Rp4,5 miliar. Setelah rasionalisasi beberapa kali, angka ini dinilai sangat tidak memadai untuk pengawasan sebuah proses panjang pilkada Malaka.
“Angka minimumnya sesuai hasil rasionalisasi terakhir mencapai Rp8,1 miliar”, demikian Pieter.
Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *