TP-PKK Tulamalae Adakan Lomba Penyuluhan Kader Posyandu

ATAMBUA, TIMORline.com-Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Tulamalae Kecamatan Atambua Barat Kabupaten Belu Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan lomba penyuluhan kader Posyandu, Jumat (04/10/2019).  Lomba ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kelurahan Tulamalae  Martinus Loe Mau

Lurah Martinus menjelaskan, kegiatan lomba penyuluhan antarkader posyandu se-Kelurahan Tulamalae ini bertujuan memberikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang sehat dan aman bagi balita serta bernilai gizi.

Selain itu, para kader posyandu bissa mengembangkan kemampuan dalam memberikan penyuluhan kesehatan bagi masyarakat khususnya orangtua balita. Selanjutnya, orangtua balita juga mendapatkan informasi gizi balita Perilaku Hidup Beraih dan Sehat (PHBS), pola asuh dan stunting.

Sehingga, para orangtua balita mampu mencapai dan mempertahankan status gizi balita yang optimal.

Lomba ini diikuti empat Posyandu di Kelurahan Tulamalae, yakni Posyandu Tulamalae I dengan materi penyuluhan:  Stunting, Posyandu II dengan materi penyuluhan:  PHBS, Posyandu Nekafehan dengan materi: Gizi Balita dan Posyandu Toro dengan materi:  Pola Asuh.

Menurut Lurah Martinus,  berbagai kegiatan dilakukan untuk kesejahteraan rakyat. Salah ssatunya adalah lomba penyuluhan antarkader posyandu.

“Untuk tahun ini,  anggaran kami hanya untuk satu kegiatan, yakni lomba penyuluhan antarkader Posyandu. Anggarannya bersumber dari Dana Kelurahan Tahun Anggaran 2019 di bidang pemberdayaan masyarakat”, ungkap Martinus.

Ketua TP-PKK Kelurahan Tulamalae Prisca Regina Rada menjelaskan, tujuan lomba penyuluhan ini untuk mengembangkan kemampuan para kader dalam memberikan informasi penyuluhan kepada masing-masing Posyandu yang ada di Kelurahan Tulamalae. Selain itu, untukmeningkatkan kualitas para kader dalam memberikan penyuluhan. Terkait lomba ini, Prisca berpesan kepada peserta yang juara untuk lebih mempersiapkan diri guna mengikuti lomba penyuluhan di tingkat Kabupaten.  Dia mengharapkan kehidupan mereka semakin lebih baik sehingga anak-anak dan balita di Kelurahan Tulamalae tidak masuk dalam kategori gizi kurang atau gizi buruk.

Hadir sebagai juri adalah Delviana R. Beni, Victoria Nahak, Bene Agas dan Rice Araujo.

Keluar sebagai Juara I adalah Posyandu Tulamalae II dengan nilai 1.725, Juara II Posyandu Tulamalae I dengan nilai 1.610, Juara III Posyandu Toro dengan nilai 1.540 dan Juara IV Posyandu Nekafehan dengan total nilai 1.417. Kepada masing-masing pemenang diberikan hadiah berupa uang tunai.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *