oleh

AJIT Pertemuan dengan Mabes Polri Bahas Masalah Papua

-Nusantara-36 views

JAKARTA, TIMORline.com-Asosiasi Jurnalis Indonesia Timur (AJIT) menggelar pertemuan dengan Mabes Polri untuk membahas sejumlah permasalahan yang terjadi di Papua.
Ketua Umum AJIT Dominikus Dese mengatakan, permasalahan Papua tidak bisa diselesaikan dengan cara mengulitinya dari luar. “Mengurai persoalan Papua hanya dengan memolesnya dari luar bukanlah langkah yang tepat,” kata Dominikus Dese saat berdiskusi dengan pihak Mabes Polri di Kedai Foodpedia, Salemba, Jakarta, Senin (23/09/2019).
Menurutnya, pemerintah sejauh ini terkesan kurang serius dalam menyikapi konflik maupun pokok persoalan yang ada di Papua.
Dominikus bahkan mengritik cara yang ditempuh pemerintah dan aparat penegak hukum dalam menangani sejumlah konflik di Papua.
“Hal itu bisa dicermati melalui langkah-langkah yang diambil pemerintah bersama aparat kemananan yang terkesan prematur,” ujar Dominikus.
Menurut Dominikus, lokus persoalannya di Papua, sementara penanganannya di Jakarta. Pemerintah sibuk menggelar sejumlah dialog, seminar, diskusi yang semuanya berpusat di Jakarta, tanpa pernah berpikir bagaimana menggeser kegiatan tersebut di Papua. “Jelas ini langkah yang keliru,” katanya menyambungkan.
Untuk itu, dalam agenda pertemuan tersebut Dominikus yang didampingi sejumlah jajaran Pengurus Pusat AJIT mengusulkan kepada Mabes Polri agar memindahkan lokus kegiatannya di kawasan timur termasuk di Papua.
“Kami menyarankan supaya kegiatan-kegiatan tentang persoalan Papua dan kawasan Timur pada umumnya perlu digeser ke sana. Sehingga tidak lagi berkutat di ibukota saja,” tegas Dominikus.
Pejabat Kepolisian Indonesia Hadi Iswanto, dalam menanggapi usulan tersebut mengaku senang dan akan mempelajarinya terlebih dahulu.
“Kami dari pihak kepolisian menyambut baik tawaran dari teman-teman AJIT dalam menangani persoalan di Papua. Kami akan mempelajarinya setelah ini dan siap bekerjasama,” kata Hadi Iswanto didampingi sejumlah aparat Kepolisian dari Mabes Polri di hadapan para wartawan dan pengurus AJIT.
Rencananya, dalam waktu dekat AJIT bersama pihak aparat Kepolisian akan menggelar kegiatan bersama berupa dialog di kawasan Indonesia Timur khususnya di Papua. (AJIT/HRS).
Editor: Cyriakus Kiik

Komentar