Advokat Servas Manek: Tangkap Komisioner KPK

JAKARTA, TIMORline.com-Advokat dan Pengacara asal Perbatasan Timor Kabupaten Belu Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Servatius Serbaya Manek mendesak Polri segera manangkap dan memeriksa Komisioner KPK.
“Terkait adanya penolakan dari Komisioner KPK, mau saya katakan begini. Komisioner-komisioner KPK itu dipilih melalui sebuah mekanisme hukum. Tapi, hari ini mereka menyerahkan kepemimpinnanya kepada Presiden. Itu bentuk pembangkangan terhadap negara,” kata Servas yang dihubungi wartawan di Jakarta, Minggu (15/09/2019).
Sebagai praktisi hukum, Servas menyatakan, Kapolri wajib memerintahkan penyidik untuk memeriksa para komisioner KPK. Karena mereka telah melakukan perbuatan melawan hukum. Mereka ini dibiayai oleh APBN untuk melakukan kewajibannya sebagai komisoner KPK.
“Jangan hanya karena bergulirnya Revisi UU No. 30 Tahun 2002 Tentang KPK yang disetujui Presiden, lalu mereka melakukan demo. Ini KPK bukan pabrik, bukan korporasi. Mereka ini bukan serikat pekerja. Itu justru meruntuhkan wibawa pemerintah.” tegasnya.
Selain itu, Servas secara tegas mendukung DPR untuk melakukan revisi UU KPK. “Ya, saya mendukung dengan catatan. UU KPK Nomor 30 tahun 2002 wajib direvisi. Seorang dewan pengawas tidak boleh memberikan kewenangan eksekuturial, bukan memberi ijin dan tidak memberi ijin. Itu tidak boleh. Dia hanya memberikan pengawasan terhadap kinerja”, katanya.
Servas lebih jauh meminta Presiden segera memerintahkan Polri untuk mengamankan semua dokumen negara, rahasia negara yang ada di KPK. Kumpulkan Jaksa Agung, Menkum HAM, Kapolri, bentuk Perppu untuk memberhentikan para komisioner KPK. Ini demi kewibawaan pemerintah.
Sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo, Komisioner Saut Situmorang dan Laode Muhammad Sarif menolak Revisi UU No. 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Korupsi. Aksi itu digelar di depan Gedung KPK kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (13/09/2019). Ketiganya menyatakan diri mundur dan menyerahkan Mandat Pimpinan KPK kepada Presiden Joko Widodo.
Editor: Cyriakus Kiik
Sumber: korandaerah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang copy