oleh

Hari Ini, Timor Leste Peringati 20 Tahun Referendum

BETUN, TIMORline.com-Hari ini, Jumat (30/08/2019), bangsa Timor Leste memperingati 20 tahun referendum. Peringatan ini untuk mengenang puncak perjuangan rakyat Timor Leste dalam menentukan hak nasib sendiri selama 24 tahun bersama Indonesia.
Pada peringatan 20 tahun referendum hari ini, hadir sejumlah tamu luar negeri. Bahkan, ada tamu yang sudah ada di Dili, ibukota negara Timor Leste, sejak minggu lalu.
Direktris Fundasaun Fundu Media Timor Leste Suzana Cardoso yang dihubungi TIMORline.com melalui saluran telpon selulernya, Kamis (29/08/2019) malam, menyebut beberapa nama tamu luar negeri yang saat ini sudah ada di Dili.
Antara lain mantan Kepala Unamet Ian Martin, Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Urusan Timor Leste Tamrat Samuel, PM Vanuatu Carlot Salwai, istri Sergio Viera de Melo Carolina Larein, mantan Duta Besar Portugis untuk Indonesia Ana Gomes dan puluhan wartawan.
Dari Indonesia ada Rosa Damayanti, salah seorang aktivis kemerdekaan Timor Leste.
Para tamu ini mulai berdatangan di Dili setelah ada pengumuman Xanana Gusmao kepada masyarakat Timor Leste dan undangan kepada para pimpinan negara sahabat baik di Eropa, Amerika, Australia, Afrika maupun Asia.

Suzana menginformasikan, meskipun para tamu asing mulai berdatangan ke negara itu sejak minggu lalu, respon masyarakat Timor Leste atas peringatan 20 tahun jajak pendapat ini biasa-biasa saja.
Suasana Kota Dili sendiri tampak lengang. Kendaraan hilir mudik kian kemari. Tetapi, tidak ada aktivitas warga kota yang menandai adanya sebuah hajatan kenegaraan besar.
Sebaliknya, Suzana lebih fokus memperingati Pengumuman Hasil Jajak Pendapat pada 4 September nanti.
Suzana mengaku menggunakan momen ini untuk melakukan konsolidasi terhadap teman-teman seperjuangan dalam memerdekakan Timor Timur kala itu melalui Dewan Solidaritas Pemuda Pelajar Mahasiswa Timor Timur (DSPPMTT).
“Kita tetap pakai nama itu untuk terus bergerak ke depan dalam menata bangsa Timor Leste”, demikian Suzana.
Untuk menarik simpati masyarakat Kota Dili dan sekitarnya dalam memperingati 20 Tahun Referendum hari ini, mantan Presiden dan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao beberapa hari terakhir berkeliling kota sambil membagi-bagikan kaos kepada warga.
Aktivitas Xanana ini bisa terpantau melalui berbagai media massa dan media sosial.
Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar