oleh

Troy Pomalingo Setuju SDA Indonesia Timur Tidak Dikuasai Asing

-Nasional-1 views

JAKARTA, TIMORline.com-Direktur Padma Indonesia, Gabriel Goa mendorong figur-figur Indonesia Timur yang belakangan ini diminta publik untuk masuk dalam Kabinet Jokowi Jilid II. Hal itu diakuinya berdasar pada ada keinginan besar Indonesia Timur yang berharap Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah itu harus berpihak kepada rakyat kecil.
Itu sangat mungkin dan logis sebab Indonesia Timur hari ini menjadi incaran pembangunan yang luar biasa.
“SDA kita luar biasa dan saya kira wajar dan dapat diterima. Banyak tokoh Indonesia Timur yang harus kita dorong hari ini”, begitu kata Gabriel sembari mendorong ketokohan Troy Pomalingo, La Ode Ida dan beberapa tokoh Indonesia Timur lainnya.
La Ode Ida menyetujui kebijakan pemerintah melakukan hilirisasi tambang di tahun 2020 nanti. Ia mengatakan hal itu sudah sesuai dengan amanat konstitusi sehingga rakyat Indonesia Timur dengan potensi SDA dapat dirasakan.
“Sebagai Komisioner Ombudsman RI, kami mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo yang menginginkan SDM Indonesia unggul menguasai teknokologi untuk industri hilirisasi, agar bisa lebih maju dalam mengelola SDA di tahun 2020. Ombudsman RI mendukung, karena kebijakan itu merupakan sebuah gebrakan konstitusional yang tertuang dalam pasal 33 UUD 1945”, tutur La Ode.
Politisi PDIP Troy Pomalingo menjelaskan, langkah pemerintah dalam melihat Indonesia Timur hari ini adalah pilihan yang patut diapresiasi dan harus mendapat dukungan dari seluruh elemen bangsa.
“Indonesia Timur hari ini menjadi posisi tawar yang tidak main-main. Keterwakilan kawasan dan azas keadilan atas sumber daya alam kita menjadi hal yang diperhitungkan”, kata Troy.
Ia juga menilai, potensi migas dan tambang, pariwisata yang begitu menjadi primadona harus dikelolah secara baik untuk kepentingan bangsa dan negara lebih khusus daerah-daerah penghasil. Tambang misalkan, jangan sampai dikuasai asing dan anak-anak negeri menjadi penonton di negerinya sendiri.
“Potensi kita begitu menjadi perhatian dunia internasional dan itu menjadi posisi tawar ke depan”, Troy.
Editor: Cyriakus Kiik

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed