oleh

Umatoos, Desa Model di Malaka-NTT yang Terberkati

BESIKAMA, TIMORline.com-Keinginan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Juliet Sutrisno Laiskodat untuk menjadikan satu desa di setiap kabupaten di NTT menjadi desa model terjawab.
Di Kabupaten Malaka, desa yang dipilih menjadi desa model adalah Desa Umatoos di Kecamatan Malaka Barat.
Pada Jumat (09/08/2019), Juliet berkesempatan mengunjungi Desa Umatoos. Ikut mendampingi Juliet dalam kunjungan tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten Malaka Beatrix Bria Seran, Bupati Malaka Stefanus Bria Seran, Camat Malaka Barat Efraim Bria Seran, pengurus TP-PKK kecamatan se-Kabupaten Malaka, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat se-Kabupaten Malaka, para Kepala Desa se-Kabupaten Malaka, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh perempuan.
Kepada Juliet Sutrisno Laiskodat bersama rombongan dan hadirin, Bupati Malaka Stefanus Bria Seran menjelaskan, Desa Umatoos adalah desa terberkati. Sebab, desa ini secara khusus dijunjung Juliet selaku Ketua TP-PKK Propinsi NTT.
Menurut Bupati Stefanus, Desa Umatoos dipilih sebagai desa model karena desa ini memiliki potensi pariwisata luar biasa, yakni Pantai Abudenok. Sebab, pantai ini akan dikembangkan menjadi objek wisata menarik bagi wisatawan. Selain itu, pantai ini dapat dikembangkan untuk penguatan ekonomi rakyat.
Bupati mantan Kadinkes NTT ini juga berterus-terang bahwa Desa Umatoos merupakan desa leluhur Bupati Malaka. “Jadi, saat ibu datang, ada hotmix yang mengkilat, ya, pantas, dia punya cucu yang bupati”, begitu guyon Bupati Stefanus.
Mengapa pula jalan-jalan di Desa Umatoos dihotmix, Bupati Stefanus menegaskan, kondisi jalan yang buruk berdampak negatif terhadap kesehatan warga desa terutama kesehatan ibu dan anak.
“Kalau jalan perkerasan, saat motor atau mobil lewat akan menyebar dan mengirim debu kepada ibu hamil, balita, bayi, anak sekolah dan warga di sekitar. Tapi, jalan yang dihotmix bukan hanya di Desa Umatoos tapi di semua desa di Kabupaten Malaka”, tandas Bupati Stefanus.
Ketua TP-PKK NTT Juliet Sutrisno Laiskodat berkomitmen untuk membentuk satu desa model di setiap kabupaten. Di desa-desa itu, akan dilakukan program-program pokok PKK yang ditangani langsung setiap kelompok kerja. Karena itulah Juliet berharap potensi-potensi yang ada di desa dikelola secara baik sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.
“Alam kita ini sungguh mempesona dan menawan hati wisatawan lokal maupun mancanegera. Kalau semua ini dikembangkan dan dikemas secara baik akan memberikan dampak positif luar biasa untuk kemajuan dan peningkatan ekonomi masyarakat”, demikian Juliet.
Editor: Cyriakus Kiik

Komentar