Satgas Perbatasan Yonif 741 Bersama Kodim 1618/TTU Bagi-bagi Air Bersih kepada Masyarakat

KEFAMENANU, TIMORline.com-Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara  Pos Kalan bersama  Kodim 1618/TTU memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat Desa Fatumuti Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (15/07/2019).

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara Mayor Inf Hendra Saputra dalam rilisnya yang diterima TIMORline.com di Betun, ibukota Kabupaten Malaka, Rabu (17/07/2019) pagi menjelaskan, pihaknya memberikan bantuan air bersih kepada warga sebagai respon atas kebutuhan masyarakat yang setiap tahun selalu kesulitan air bersih.

Menurut Mayor Hendra, kondisi masyarakat setempat lebih parah karena mereka tidak memiliki sumur.

“Saat musim hujan, masyarakat memanfaatkan air hujan untuk keperluan sehari-hari. Bila tidak ada air, mereka membeli air bersih”, tandas Mayor Hendra.

Atas kondisi itu, pihaknya tergugah untuk membantu meringankan beban yang dirasakan warga dengan memanfaatkan truk dan tandon air yang dimiliki Satgas dan truk tanki air bantuan Kodim 1618/TTU.

Untuk pendistribusiannya, anggota Satgas Yonif 741/Garuda Nusantara dikerahkan untuk mendatangi rumah-rumah warga Desa Fatumuti. “Bantuan ini disambut antusias warga karena merasa sangat terbantu tanpa harus membeli air. Sehingga,  kegiatan bantuan air bersih ini akan dilakukan setiap minggu ke rumah-rumah warga”, jelas Mayor Hendra.

Mayor Hendra mengakui kalau di wilayah NTT terutama perbatasan masih banyak daerah yang kesulitan air bersih.

Selama bertugas di perbatasan, menurut Mayor Hendra, untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga, pihaknya tidak hanya memberikan bantian air bersih. Pihaknya juga membuat sumur resapan dan mandi cuci kakus (MCK) bagi warga.

“Hingga purna tugas, kami akan terus membantu kesulitan masyarakat dengan program yang kami jalankan”, demikian Mayor Hendra.

Lili, salah satu warga mengaku sangat terbentu dengan bantuan air yang diberikan Satgas TNI.

“Bantuan air ini sangat membantu. Dengan bantuan ini, Satgas mengurangi pengeluaran kami untuk membeli air bersih. Kalau tidak, biasanya kami beli air satu minggu satu kali”, kata Lili.

Editor: Cyriakus Kiik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *