Persami Mania Goncangkan Lapangan Umum Betun-Malaka

BETUN, TIMORline.com-Persatuan Sepakbola Maumere (Persami) Mania goncangkan Lapangan Umum Betun, tempat laga Persami Maumere dan Persatuan Sepakbola Kota Kupang (PSKK) di hari  keempat penyelenggaraan El Tari Memorial Cup (ETMC) ke-29 Tahun 2019 di Kabupaten Malaka, Selasa (09/07/2019).

Persami Mania yang adalah para pendukung setia kesebelasan Persami Maumere datang jauh-jauh dari Kabupaten Sikka-Flores, untuk mendukung Persami selama bertanding dengan kesebelasan mana pun. Kali ini, mereka hadir bertepatan dengan pertarungan kesebelasan favorit mereka, Persami, melawan Persatuan Sepakbola Kota Kupang (PSKK).

Sejak pukul 14.00 wita, mereka  siaga di bagian timur lapangan. Mereka menggunakan sebuah truk. Beberapa bendera dibawa serta, antara lain bendera, “Persami Horrooo; Persami Horooo No Manu Aman Mutin Malaka; dan Maumere Manise”.

Para maniaker mengenakan kostum hijau, warna kebanggaan mereka. Rambut, mata dan  badan dicat putih dan hitam. Ada pula gambar huruf M di perut. Bahkan, ada yang telanjang badan.

Saat pertandingan dimulai, para pemilik komunitas, “Laskar Nian Tana; Persami Horooo”, ini bergeser ke bagian selatan lapangan, tepat di belakang papan score.

Sambil melambaikan bendera komunitas yang dibawa, mereka menyanyikan lagu-lagu Persami dan meneriakan yel-yel Persami Menang, Persami Manise, Persami Pasti Bisa, Kami Mendukungmu, Kami Setia Untukmu, dan yel-yel lainnya.

Pertandingan kedua kesebelasan ini berlansung pukul 20.00 Wita. Pada menit ke-4 babak pertama, PSKK berhasil menjebol gawang Persami. Meskipun demikian, kedua kesebelasan ini tampak bermain menguasai lapangan dengan menjaga posisi masing-masing sejak awal pertandingan. Posisi score 1:0 untuk PSKK Kota Kupang bertahan hingga pertandingan usai.

Dalam pertandingan sebelumnya, Sabtu (06/07/2019), Persami Maumere berhadapan dengan Persatuan Sepakbola Kefamenanu (PSKN) dengan hasil akhir 2:1 untuk PSKN.

Meskipun kalah , pertandingan Persami melawan PSKK ini disaksikan ribuan penonton yang datang dari Kota Betun dan sekitarnya. Mereka memadati semua sisi lapangan. Bahkan, ada penonton yang memanjat pohon dan duduk di lantai atas toko untuk menyaksikan laga ini.

Pelatih Persami Maumere Kristo Key Timu mengatakan, anak-anaknya sudah berjuang habis-habisan dan tetap semangat.

Ketua Paguyuban Ikatan Keluarga Sikka (IKASI) Malaka Albert Magnus menilai, para pemain tetap bersemangat selama pertandingan karena mendapat dukungan kuat Persami Mania yang datang dari Maumere dan berbagai daerah di daratan Timor.

“Kehadiran Persami Mania sangat positif untuk penguatan mental pemain di lapangan. Siapa tahu mereka juara suporter favorit untuk El Tari Memoarial Cup kali ini”, harap Albert.

Bupati Malaka Stefanus Bria Seran tampak setia menyaksikan pertandingan Persami dan PSKK ini. Kadang Bupati Stefanus turun ke lapangan bersama penonton, pelatih dan pemain cadangan mengomentari teknik, taknik dan strategi yang dibangun pemain di lapangan.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *