oleh

Untuk Laga ETMC 2019, Lapangan Umum Betun-Malaka Diberkati 10 Imam Katolik

BETUN, TIMORline.com-Lapangan Umum Betun Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai lapangan utama penyelenggaraan even olahraga bergengsi El Tari Memorial Cup (ETMC) 2019 diberkati 10 imam Katolik se-Dekenat Malaka Keuskupan Atambua, Kamis (20/06/2019).

Sepuluh imam katolik se-Dekenat Malaka Keuskupan Atambua memberkati Lapangan Umum Betun, Kamis (20/06/2019). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Saat pemberkatan, ke-10  imam membelakangi para tamu yang hadir, termasuk Bupati Malaka Stefanus Bria Seran dan Ketua DPRD Malaka Adrianus Bria Seran. Sebaliknya, mereka menghadap ke lapangan, searah dengan para tamu dan menumpangkan tangan bersama-sama ke atas lapangan.

Pastor Paroki Weoe Romo Pius Nahak, Pr didaulat teman-teman imam untuk mengucapkan doa pemberkatan.

“Tuhan, kami mohon Engkau memberkati lapangan umum Betun ini yang akan digunakan untuk El Tari Memorial Cup 2019”, begitu sepenggal doa para pastor.

Romo Edo Oeleu, Pr (kanan), Romo Erlando Afoan, Pr (tengah), Asisten I Zakarias Nahak (kiri) dan Kabid Bina Marga pada Dinas PUPR Malaka Laurens Haba (di belakang Asisten I). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Doa para pastor ini dilanjutkan dengan pemercikan air suci di semua sisi lapangan yang dilakukan empat imam. Romo Edo Oeleu, Pr bersama Romo Erlando Afoan, Pr ke arah timur, putar ke arah  selatan dan kembali ke tengah lapangan. Selanjutnya kembali ke panggung. Keduanya didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan pada Setkab Malaka Zakarias Nahak sebagai pembawa lilin dan Kabid Bina Marga pada Dinas PUPR Kabupaten Malaka Laurens Haba.

Romo Melki Meak, Pr (tengah), Romo Sintus Tnesi, Pr (kedua dari kiri), Asisten II Silvester Letto (kedua dari kanan), Kabid Kebersihan pada Dinas PUPR Malaka Yanuarius Tae (kanan) dan Herry Klau (kiri). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Sedangkan Romo Melki Meak, Pr bersama Romo Sintus Tnesi, Pr  ke arah barat  lapangan, putar ke arah selatan. Selanjutnya kembali ke panggung. Keduanya didampingi Asisten II Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat pada Setkab Malaka Silvester Letto, Kabid Kebersihan pada Dinas PUPR Kabupaten Malaka Yanuarius Tae dan Herry Klau.

Pemberkatan ini didahului  ibadat singkat yang dipimpin Pastor Paroki Weoe Romo Pius Nahak, Pr, Romo Melki Meak, Pr dan Romo Edo Oeleu, Pr.

Romo Edo dalam renungannya mengingatkan para pejabat dan warga sekitar yang hadir bahwa lapangan umum Betun akan digunakan untuk pertandingan peserta turnamen El Tari Memorial Cup 2019.  Tetapi, yang paling penting bukan menang atau kalah. Yang harus dijunjung tinggi adalah sportivitas tinggi dan persaudaraan.

“Semua peserta El Tari Memorial Cup akan bertarung di lapangan hijau ini. Hijau seusia Kabupaten Malaka. Tetapi, di usia hijau ini, Kabupaten Malaka telah menunjukkan yang terbaik dalam sejarah Kabupaten Malaka bagi anak-cucu”, kata Romo Edo.

Bupati Malaka Stefanus Bria Seran dalam sambutannya mengharapkan doa-doa para imam untuk penyelenggaraan El Tari Memorial Cup 2019 di Kabupaten Malaka ini. Sebab, Malaka sebagai  kabupaten baru dan dirinya sebagai bupati perdana harus mendapat dukungan kekuatan penuh dari masyarakat Malaka.

“Tidak ada manusia dan pemimpin di dunia yang sempurna. Mari dukung kami. Dukung kami dengan doa dan kerjasama yang baik untuk kemajuan Kabupaten Malaka”, kata Bupati Stefanus.

Bupati yang mantan Kadis Kesehatan Propinsi NTT ini menegaskan,  El Tari Memorial Cup 2019 di Kabupaten Malaka kakan tercatat indah dengan tinta emas kselama 100 tahun ke depan.

“Kita harap, apa yang kita lakukan untuk El Tari Memorial Cup 2019 di Malaka ini adalah yang terbaik sepanjang sejarah 100 tahun ke depan. Sebab, even El Tari Memorial Cup adalah even dua tahunan bagi 22 kabupaten/kota di NTT. Sehingga, Kabupaten Malaka baru bisa menjadi tuan rumah lagi 42 tahun kemudian”, demikian Bupati Stefanus.

Pemberkatan Lapangan Umum Betun ini dirangkaikan dengan uji coba pertandingan malam hari antara Persatuan Sepakbola (PS) Malaka melawan Betun Football Club (FC) yang berakhir dengan score 2:1 untuk PS Malaka.

Tampak hadir Dandim 1605/Belu Letkol Inf Ari Dwi Nugroho, perwakilan Polres Belu dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Kabupaten Malaka.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar