oleh

Bupati Malaka Tinjau ‘Hotel Gratis’ Kontingen ETMC 2019

BETUN, TIMORline.com-Bupati Malaka Stefanus Bria Seran, Kamis (20/06/2019),  meninjau sekolah-sekolah yang disulap menjadi hotel-hotel gratis bagi kontingen peserta even olahraga tingkat regional El Tari Memorial Cup (ETMC) 2019 di Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Juli mendatang.

Peninjauan itu diawali di SMP Negeri Malaka Barat. Di sini, Bupati Stefanus langsung memeriksa kondisi kamar mandi cuci dan kakus (MCK). Fiber penampung air yang kosong diminta untuk segera diisi.  Kran water closed (WC) yang macet diminta segera diperbaiki. Air yang tidak mengalir supaya diaktifkan.

Sedangkan ruang penginapan di sekolah ini tertutup. Sehingga, Bupati Stefanus tidak bisa melihat langsung kondisi ruangan-ruangan itu. Hingga Bupati Stefanus meninggalkan sekolah, kepala sekolah tidak ada di tempat untuk memastikan kondisi ruang penginapan apakah sudah siap pakai atau belum.

Dari bagian barat Malaka, Bupati Stefanus langsung tancap gas menuju arah timur. Belasan kilometer ditempuhnya dalam konvoi dengan sejumlah kepala dinas dan jurnalis media cetak dan online.

Yang didatangi pertama adalah SDI Nularan. Di sini, Bupati Stefanus bersama ‘kabinet’-nya bertemu Meliana Muti, sang kepala sekolah. Empat ruang kelas baru siap dihuni kontingen Kabupaten Manggarai. Tetapi, kondisi siap ini hanya diintip Bupati Stefanus melalui jendela karena kunci masing-masing ruangan ada di suplyer.

Bupati Malaka Stefanus Bria Seran bersama para pejabat Pemkab Malaka saat berada di SDI Nularan-Kobalima. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Pembenahan kecil-kecilan terhadap MCK masih harus dilakukan suplyer terutama pasokan air ke kamar mandi. Jaringan pipa dari fiber belum lancar. Sehingga, suplyer diminta sudah harus memastikan pasokan air ke MCK dalam waktu satu dua hari ke depan.

Suplyer yang menangani ruang penginapan hingga Bupati Stefanus meninggalkan sekolah ini belum juga nongol.

Kepala SDI Nularan Meliana Muti berkomitmen mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan ETMC 2019 di Kabupaten Malaka.

Dia mengapresiasi kerja-kerja Bupati Stefanus yang selalu mendorong dan sangat memperhatikan persekolahan di Kabupaten Malaka.

“Kami dilibatkan dalam kegiatan El Tari Memorial Cup dengan cara ini. Sekolah kami menjadi tempat penginapan salah satu kontingen. Nanti Kabupaten Manggarai yang tinggal di sini”, kata Meliana pasti.

Seusai peninjauan di SDI Nularan, bupati yang mantan Kadis Kesehatan Propinsi NTT itu melanjutkan peninjauannya ke SDK Wemasa.

Di sana, rombongan bupati diterima Kepala SDK Wemasa Tobias Musu. Setelah melihat kondisi ruang penginapan dan MCK, Bupati Stefanus menyatakan oke dan terlihat gembira sekali. Sebab, ruang penginapan siap pakai. Kebutuhan air untuk MCK juga tidak bermasalah. Di belakang ruang penginapan ada sumur gali yang bisa dimanfaatkan kontingen yang akan tinggal di sekolah ini.

Tobias selaku kepala sekolah, hingga berita ini ditayangkan belum mendapat informasi kontingen mana yang akan tinggal di sekolahnya.

Bupati Malaka Stefanus Bria Seran saat meninggalkan SMA Fajar Timur Wemasa. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Peninjauan dilanjutkan ke SMA Fajar Timur. Di sini, Petrus Bria Seran selaku pengelola sekolah sedang tidak berada di tempat. Meskipun demikian, Bupati Stefanus berharap suplyer segera menyelesaikan MCK. Material berupa semen, pasir dan pipa tampak tersimpan di depan bangunan MCK.

Peninjauan diteruskan ke SDI Manehat, SDK Kada  dan SMPK Sulama Kada.

Di SDI Manehat, rombongan bupati diterima salah seorang guru. Kepada suplyer, Bupati Stefanus memberi kesan kalau progres pekerjaannya harus digenjot lagi. Sebab, kegiatan ETMC 2019 sudah dekat.

“Tanggal 5 Juli sudah pembukaan. Jangan sampai orang datang mau inap malahan merasa tidak dilayani secara baik. Prinsip kita adalah memberikan pelayanan terbaik bagi kontingen yang ikut El Tari Memorial Cup”, tandas Bupati Stefanus.

Kesan serupa terlihat di SMPK Kada. Sebab, baik MCK maupun ruang penginapan masih harus dikejar progresnya.

Ikut dalam peninjauan ini Kadis Kominfo Kabupaten Malaka Albert Bria, Kadis PUPR Yohanes Nahak, Kadis Pariwisata Rofinus Bau, Kasat Pol PP Daniel Bria, Kabid Bina Marga pada Dinas PUPR Laurens Haba dan Kabid Cipta Karya dan Perumahan Oce Nahak.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

 

Komentar