Tadi Sore, Ibukota Kabupaten Malaka Macet Total

BETUN, TIMORline.com-Betun sebagai ibukota Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) macet total sore tadi.

Suasana kota ini tiba-tiba berubah dari yang biasanya lengang menjadi macet menyusul adanya uji coba perdana penyambutan kontingen even El Tari Memorial Cup (ETMC) 2019 di Jalan Malaka Raya sekira pukul 17.00 wita.

Pemicu macet ini adalah tim penari likurai dan penari tebe yang terdiri dari para siswi SMP dan SMA se-Kabupaten Malaka yang dilepas Ketua Panitia ETMC 2019 Kabupaten Malaka Petrus Bria Seran. Anak-anak yang semula dikonsentrasikan di Lapangan Misi Betun, dilepas menuju Bei Abuk. Sepanjang Jalan Malaka Raya, anak-anak tim likurai tak henti-hentinya memukul gendang. Sedangkan tim penari tebe berjalan dari belakang sambil memberi hormat kepada warga yang berdiri berjejer di bibir jalan.

Petrus Bria Seran selaku ketua panitia bersama Romo Melki Meak, Pr tampak berjalan beriringan dengan para peserta. Ada pula Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Malaka Ferdinandus Un Muti dan sejumlah kepala SMP dan SMA.

Pastor Paroki Weoe Pius Nahak, Pr yang kebetulan lewat di Jalan Malaka Raya mengaku sangat terganggu dengan uji coba perdana penyambutan kontingen ETMC Kabupaten Malaka 2019.

Romo Pius minta uji coba berikut didahului dengan informasi kepada masyarakat soal penggunaan ruas jalan yang sama.

Selain itu, Romo Pius meminta pihak berwewenang membuka jalan alternatif  dari dan ke Jalan Malaka Raya atau jalan utama ibukota Kabupaten Malaka.

Suasana normal kembali saat bubar sekira pukul 17.30 wita. Sebab, anak-anak sekolahan itu pulang dengan aman dan tertib sepanjang jalanan.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *