Diresmikan, Hasil Bedah Rumah ke-11 Satgas Pamtas di Malaka

NUROBO, TIMORline.com-Hasil bedah rumah program kemanusiaan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara, Selasa (11/06/2019, diresmikan Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN Mayor Hendra Saputra.

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN Mayor Inf. Hendra Saputra, S.Sos, M.M,. M.I.Pol dalam sambutannya menjelaskan, bedah rumah ke-11 dikerjakan 10 prajurit dalam tempo kurang lebih satu bulan.

Rumah ini milik Sius Fahik, berukuran 6 x 4 meter. Setelah dibangun, fisik bangunan dicat hijau  dan terdapat tulisan 741.

“Ini dimaksudkan untuk mencegah munculnya klaim orang atau pihak tertentu sebagai miliknya. Kita tidak ada kepentingan apa-apa”, kata Mayor Hendra.

Selain bedah rumah, pihak Satgas Pamtas juga membangun sebuah taman baca. Taman baca ini muncul dari pengalamannya.

“Suatu ketika, saya duduk di satu batu di tempat ini, seorang bapak datang dan mengeluh tentang kondisi anak-anak sekolah yang sangat membutuhkan buku. Saya tidak menjawab tetapi saya selalu berpikir bagaimana caranya bisa menghadirkan buku sebanyak-banyaknya di tempat ini. Ternyata, hari ini terbukti dengan peresmian Taman Baca  Garuda di sini”, ujar Mayor Hendra sambil berjanji untuk mengirim buku ke tempat ini walaupun sudah purna tugas.

Setelah taman baca ada, menurut Mayor Hendra, pihaknya mulai berpikir tentang penerangan dan sudah mengusulkan ke atasan untuk menghadirkan 150 lampu tenaga surya, dan lima titik akan ditempatkan di Tniumanu.

“Kita akan siapkan satu genset di Taman Baca ini sehingga bisa membantu penerangan pada malam hari. Semoga bermanfaat”, kata Mayor Hendra.

Ditegaskan pula bahwa  Satgas Yonmek 741/GN tidak punya kepentingan lain melalui kegiatan bedah rumah dan pembangunan taman baca di Tniumanu.

“Ini untuk membantu masyarakat di wilayah sektor barat”, kata  Mayor Hendra.

Master lulusan Universitas Padjadjaran Bandung ini mengatakan, ke depan, rumah baca ini akan ditambah buku-buku  agar anak-anak  terus bertambah wawasannya.

Mayor Hendra dan jajarannya diterima secara adat berupa tarian likurai di gapura utama. Selanjutnya, Mayor Hendra bersama Camat Laenmanen Blasius Berek Bau dan Kades Tniumanu Anita da Costa diarak  ke tenda. Di gapura mini masuk ke tenda, Mayor Hendra diterima melalui tutur adat tiga tokoh adat. Dilanjutkan dengan tarian bidu enam garis Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santa Maria Fatima Nurobo sebagai ucapan selamat datang tuan rumah kepada Mayor Hendra.

Nikolas Nana sebagai tokoh masyarakat menyambut baik kunjungan, kehadiran dan kepedulian Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara kepada masyarakat Tniumanu khususnya masyarakat Dusun Niamuti. Sebab, justru di dusun ini Yonif 741/Garuda Nusantara sudah membangun dua unit rumah dan satu taman baca.

“Terimakasih Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 741/Garuda Nusantara”, demikian Nikolas.

Dengan diresmikan hasil bedah rumah ke-11 ini berarti tinggal satu unit rumah yang harus dibangun Satgas Pamtas Yonif 741/Garuda Nusantara melalui program peduli kemanusiaan dari target maksimal 12 rumah.

Direncanakan, bedah rumah ke-12 akan menjadi jatah warga perbatasan Kabupaten Kupang. Kabupaten Kupang adalah salah satu teritori Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, ditambah Kabupaten Malaka dan Timor Tengah Utara (TTU).

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *