Pastor Paroki Alas: Terimakasih Satgas Pamtas

BETUN, TIMORline.com-Pastor Paroki Salib Suci Alas Pater Johanes Napan, SVD mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara khususnya yang beragama Islam yang telah melakukan buka puasa bersama umat katolik di Dusun Fukafehan Desa Alas Utara Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka, beberapa hari lalu.
“Ini langkah baik yang dilakukan TNI untuk hidup berbaur dengan masyarakat sekaligus memotivasi masyarakat hidup rukun dengan siapa saja di mana saja”, tandas Pater Johanes yang menghubungi TIMORline.com melalui saluran telepon selulernya, Senin (03/06/2019) malam.
Menurut Pater John, begitu akrabnya Pater Johanes, selama di perbatasan Malaka, Yonif 741 selalu membantu masyarakat dalam banyak hal.
Antara lain, melakukan pengamanan terhadap kegiatan keagamaan perarakan Patung Bunda Maria yang dilakukan umat katolik selama Mei lalu.
Selain itu, yang terbaru, Yonif 741 di Pos Ailala melakukan buka puasa bersama dengan umat katolik di Dusun Fukafehan.
Kegiatan lainnya adalah program bedah rumah kepada warga Desa Kota Biru, beberapa waktu lalu.
“Bantuan Satgas ini luar biasa. Apa yang pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten tidak lakukan, justru Satgas lakukan. Terimakasih Yonif 741, terimakasih pak tentara”, tandas Pater John.
Pastor lulusan Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Katolik (STFTK) Ledalero Maumere-Flores ini menilai, apa yang dilakukan TNI khususnya Satgas Pamtas RI-RDTL, patut ditiru dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan menggereja. Antara lain tetap menjaga kekeluargaan, kekerabatan, kerukunan, perdamaian dan toleransi di antara umat beragama.
“TNI sudah menunjukkan cara hidup yang baik. Sekarang kembali kepada masyarakat, kembali kepada umat. Kita bisa atau tidak. Kita bisa menjaga toleransi antarumat beragama atau tidak. Kita bisa hidup rukun atau tidak”, demikian Pater John.
Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *