Haryono: Perdebatan Pancasila Tidak Diperlukan

BESIKAMA, TIMORline.com-Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Haryono menegaskan, saat ini perdebatan tentang Pancasila tidak diperlukan. Sebaliknya, yang penting adalah mengamalkan dan mengamankan Pancasila.
Hal itu ditegaskan Haryono dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Malaka Donatus Bere pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kabupaten Malaka di Lapangan Umum Besikama, Sabtu (01/06/2019).
Menurut Haryono, Pancasila harus menjadi inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Pancasila untuk kita semua dan Indonesia adalah rumah kita bersama”, tandas Haryono.
Menurut Haryono, Pancasila sebagai dasar negara, idelogi negara dan pandangan hidup bangsa harus terus diperjuangkan.
“Sebagai bangsa yang besar kita tidak akan melupakan sejarah sebagaimana dikatakan Bung Karno dengan jas merah”, katanya.
Haryono juga mengingatkan masyarakat Indonesia bahwa Pancasila yang telah tertanam dalam sanubari yang suci harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Sebab, Pancasila mampu mempersatukan kita semua.

Kesatuan gugusan pulau yang terbentang luas di antara dua samudera yakni Samudera Indonesia dan Samudera Pasifik serta terletak di antara dua benua, yakni Benua Asia dan Australia, terdiri dari darat dan laut, saling menguatkan. Ini harus kita rawat dan pelihara dalam keberagaman kita”, tandas Haryono.

Dalam upacara ini, pembacaan Pembukaan UUD 1945 dibawakan Kepala SMA Negeri Bateti, pembacaan Surat Keputusan Presiden tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni oleh Camat Malaka Barat Efraim Bria dan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Agama Kabupaten Malaka Yosefina Neonbeni.
Upacara ini diikuti TNI/Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para mahasiswa dan pelajar mulai dari SD, SMP dan SMA.
Seusai upacara, dilanjutkan dengan tarian tebe bersama.
Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *