Tim Puskesmas Tunabesi Sosialisasi PHBS di SDI Baunakan

BAUNAKAN, TIMORline.com-Tim Puskesmas Tunabesi di Desa Tunabesi Kecamatan Io Kufeu Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (24/05/2019), melakukan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Yang menjadi sasaran sosialisasi adalah para siswa-siswi SDI Baunakan, bertempat di halaman sekolah tersebut.
Petugas yang hadir antara lain bidan, perawat, dokter, petugas promosi kesehatan dan Kepala Puskesmas Tunabesi Theresia Imelda Bubu.
Dalam sosialisasi ini, dr Dewi Oktaviana selaku narasumber bersama Kepala Puskesmas Tunabesi Theresia Imelda Bubu didampingi bidan Maria Selestina Tahuk mengajari anak-anak tentang PHBS.

Antara lain tentang cara menggosok gigi yang baik dan benar, pemeriksaan gigi, cuci tangan menggunakan sabun enam langkah versi World Health Organization (WHO), pemeriksaan kesehatan kulit, frambosia dan kusta.
Menurut dr Dewi, anak-anak sekolah menjadi sasaran sosialisasi PHBS supaya anak-anak sejak dini sudah terbiasa hidup bersih dan sehat. Sehingga, mereka tidak buang air besar sembarang. Mereka juga tahu cara menggosok gigi yang baik dan benar.
Bidan Maria Selestina Tahuk bilang, melalui sosialisasi PHBS, anak-anak tahu bahwa buang air besar sembarang itu perilaku hidup yang salah. Sehingga, anak-anak harus dibiasakan buang air besar di jamban.
“Cuci tangan juga pakai sabun sesuai enam langkah WHO”, demikian Selestina.
Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *