Terhitung Juli, Gaji Kades se-Kabupaten Malaka Rp4-5 Juta

BETUN, TIMORline.com-Ini kabar gembira bagi para kepala desa (kades) di Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebab, terhitung Juli 2019, gaji 127 kades di Kabupaten Malaka mengalami penyesuaian.
Gaji para kades yang selama ini Rp2,9 juta akan disesuaikan menjadi Rp4-5 juta. “Gaji kepala desa maksimal Rp5 juta. Turun boleh tapi jangan di bawah Rp4 juta. Mulai Juli dibayar”, tandas Bupati Malaka Stefanus Bria Seran.
Penegasan Bupati Stefanus itu disampaikan di hadapan para kades se-Kabupaten Malaka saat Rapat Koordinasi Pemberdayaan, Pembangunan dan Inovasi Desa Kabupaten Malaka Tahun Anggaran 2019. di Aula Kantor Bupati Malaka, Selasa (14/05/2019).
Keputusan Bupati Stefanus itu disaksikan Sekretaris Kabupaten Malaka Donatus Bere, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Kabupaten Malaka Aloysius Werang, Inspektor Remigius Leki, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Malaka Agustinus Nahak, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malaka Devi Hermin Ndolu dan beberapa anggota, para pimpinan perangkat daerah, para tenaga ahli dan pendamping desa se-Kabupaten Malaka.
Bupati Stefanus menjelaskan, penyesuaian gaji para kades itu dilakukan untuk meningkatkan kinerja mereka. Sehingga, mereka lomba-lomba bersaing kerja untuk rakyat. “Kasih mereka (para kades, red) gaji besar. Masa mereka punya uang banyak tapi gaji kecil. Nanti mereka kerja tidak nyaman. Sebab, pikiran mereka mulai kaleok (miring, red) sana sini lihat uang”, katanya.
Merespon keputusan Bupati Stefanus yang sejak awal berkomitmen untuk menggaji kades yang cukup dan wajar, Sekretaris Kabupaten Malaka Donatus Bere selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Kepala Badan PPKAD Kabupaten Malaka Aloysius Werang menyatakan kesiapan untuk segera melakukan perhitungan anggaran untuk gaji para kades. “Kita segera lakukan kajian dan perhitungan anggarannya”, tandas Kaban PPKAD Aloysius Werang.  Kades Bonitasea Edmundus Nahak mengapresiasi keputusan Bupati Stefanus untuk menyesuaikan gaji para kades. “Ini keputusan yang tepat dan bijak”, tandas Kades Edmundus disambut tepukan tangan para kades yang memenuhi ruangan.
Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang copy