oleh

Satgas Pamtas Yonmek 741 Bersihkan Material Longsoran di Badan Jalan Sabuk Merah Alas Utara

-Nusantara-26 views

BETUN, TIMORline.com-Jalan sabuk merah perbatasan RI-RDTL, tepatnya di Dusun Lakuran Desa Alas Utara Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) longsor. Material longsorannya malahan menutup badan jalan.
Informasi kondisi titik jalan yang menghubungkan Kabupaten Malaka dan Belu itu sampai ke telinga Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 741/Garuda Nusantara yang ada di Pos Ailala Kipur 3.
Informasi itu mereka terima dari Fransiskus Umur (62 tahun) pada Rabu (15/05/2019). Sesaat setelah menerima informasi itu, anggota Pos Ailala Kipur 3 langsung bergerak cepat ke tempat kejadian longsoran di bawah pimpinan Wakil Komandan Pos Ailala Serda Kukuh Restu Agnesta bersama delapan anggotanya. Mereka melakukan pembersihan material longsoran yang menutup badan jalan bersama warga setempat.
Dalam rilis yang diterima TIMORline.com, Kamis (16/05/2019), Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara Mayor Inf Hendra Saputra menjelaskan, longsor terjadi karena hujan yang terjadi terus-menerus selama satu minggu di wilayah itu. Akses lalulintas di sepanjang ruas jalan Malaka-Belu bagian utara itu pun lumpuh.
Warga yang hendak bepergian ke kebun, mengambil rumput atau menggembala sapi pun tidak bisa lewat di titik jalan ini. Apalagi yang menggunakan kendaraan bermotor.
Tetapi, masyarakat sangat senang karena Pos Ailala bergerak cepat untuk mengeruk material longsoran yang menutup badan jalan.
‘Kini ruas jalan ini sudah bisa dilewati. Aktivitas warga setempat sudah normal kembali”, demikian Mayor Hendra.
Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar