Inilah Misi Plus Satgas Pamtas Yonmek 741/GN di Perbatasan Timor

BETUN, TIMORline.com-Misi utama keberadaan TNI di ini negeri adalah menjaga keamanan negara dan stabilitas nasional. Tetapi, ada misi lain sebagai misi plus yang melekat dalam penugasan mereka.
Misi ini telah ditunjukkan seluruh jajaran Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara yang saat ini bertugas di Perbatasan Timor.
Komandan Pos Haumeniana Kipur I Satgas Pamtas RI – RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741 / GN Serda Wildan bersama tiga anggotanya Pratu I Wayan Bayu Pasek, Pratu Marshal dan Prada Andrianto selama bulan Ramadhan ini melakukan sejumlah kegiatan di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Distrik Ambeno, negara Timor Leste.

Anggota Pos Haumeniana sedang mendampingi anak-anak sekolah membaca dan belajar. (Foto: Istimewa).

Di bawah komando Serda Wildan, mereka melakukan anjangsana dan pengobatan terhadap masyarakat yang ada di desa binaan Pos Haumeniana.
Dalam anjangsana ini, mereka mendatangi rumah warga, antara lain Asuat, untuk memberikan pelayanan kesehatan. Bersama Asuat, mereka berbincang banyak tentang perbatasan RI-Timor Leste.
Kegiatan lainnya dilakukan Prada Doni Purwanto dan Prada Agus Setyo Budi Raharjo. Mereka mengajarkan anak-anak SD di perbatasan RI-RDTL membaca di Taman Baca Pos Haumeniana. Tujuannya untuk mencerdaskan generasi muda sekitar perbatasan RI-RDTL khususnya Desa Haumeniana agar lebih tahu membaca. Sebab, bila banyak belajar dan membaca maka anak-anak di perbatasan akan lebih cerdas dan tidak dipandang sebelah mata walaupun fasilitasnya kurang dibanding sekolah-sekolah pada umumnya.

Anggota Pos Haumeniana dan warga setempat berbincang tentang perbatasan. (Foto: Istimewa).

Untuk menarik simpati anak sekolah terutama SD dalam hal belajar dan membaca, Serda Wildan bersama anggota memberikan hadiah berupa buku tulis dan balpoin bagi yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan anggota. Hal ini membuat antusiasme anak-anak untuk membaca dan belajar semakin tinggi.
Komunikasi sosial juga salah satu kegiatan wajib bagi Kopda Mualim yang kebetulan bertemu dengan ibu-ibu yang sedang duduk di pertigaan jalan yang akan berangkat ke kantor desa untuk menerima bantuan pemerintah. Saat itu, Kopda Mualim langsung bergabung dengan ibu-ibu tersebut makan sirih-pinang sambil ngobrol santai tentang desa binaan.
Yang mencengangkan, anggota Pos Haumeniana justru membuat sebuah taman potret di depan pos dengan tulisan: Love Haumeniana, dan gambar Love yang dihiasi bunga-bunga.

 

Taman Potret Pos Haumeniana yang selalu ramai dikunjungi warga dari mana saja. (Foto: Istimewa).

Banyak warga setempat yang berfoto ria di taman ini, terlebih pada hari minggu. Biasanya, setelah ibadah di gereja, warga setempat masih mampir di pos untuk foto. Bahkan, pemuda- pemudi dari Kefamenanu hingga Kupang datang di taman ini untuk sekedar melihat dan foto hasil karya anggota Pos Haumeniana, “Taman Potret Haumeniana.”
Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN Mayor Inf Hendra Saputra menegskan, anggota Yonmek 741/Garuda Nusantara yang ditempatkan di mana pun selalu berbuat yang terbaik.
“Mereka selalu ada di tengah-tengah masyarakat dan memahami setiap kesulitan serta apa yang harus dilakukan untuk masyarakat ,” demikia Mayor Hendra.
Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *