oleh

Pimpinan Parpol Apresiasi Pelaksanaan Pemilu 2019 di Malaka

BETUN, TIMORline.com-Para pimpinan partai politik (parpol) di Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengapresiasi pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) 17 April 2019 di wilayah itu. Sebab, semua tahapan pemilu berjalan dengan lancar, aman dan damai.

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Malaka Devi Hermin Ndolu di sela-sela pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Malaka di Hall Glory, Betun, Jumat (03/05/201).

Menurut Devi, untuk pertama kalinya pemilu serentak mulai dari pemilu presiden-wakil presiden, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dilakukan di Indonesia. Tetapi, semua tahapan berjalan aman, lancar dan damai.

“Ini merupakan bukti kedewasaan berdemokrasi Indonesia dan masyarakat Kabupaten Malaka pada khususnya. Kita berharap suasana ini tetap terpelihara di Malaka untuk seterusnya”, kata Devi.

Mantan anggota DPRD Kabupaten Belu dan Malaka 20 tahun itu mengatakan, suasana kehidupan demokrasi yang baik di Kabupaten Malaka merupakan cerminan hidup kekeluargaan, persaudaraan dan kekerabatan yang sudah berlangsung lama secara turun-temurun di Kabupaten Malaka.

“Ada tradisi hidup persaudaraan di Malaka yang dikenal dengan hafolin malu dan hakneter no haktaek yang terjemahan bebasnya berarti saling menghargai dan saling menerima yang bila ditarik ke kehidupan berdemokrasi berarti saling menghargai dalam perbedaan”, tandas Devi.

Sekretaris Partai Golkar Kabupaten Malaka Markus Bria Berek berterimakasih kepada pihak berwajib baik TNI, Polri maupun Sat Pol PP yang senantiasa mendukung pelaksanaan Pemilu 2019. Sebab, sebagai peserta Pemilu, parpol aman dan nyaman mengikuti pemilu karena ada TNI, Polri dan Sat Pol PP.

“Kehadiran polisi, TNI dan Pol PP sangat membantu parpol di Kabupaten Malaka selama pemilu. Pada tahapan awal pelaksanaan pemilu juga sudah ada deklarasi pemilu damai antara pihak penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu dengan parpol sebagai peserta pemilu. Kita semua taat”, kata Markus.

Marius Boko, salah satu calon legislator dari Partai Demokrat mengakui adanya hubungan yang harmonis antara pimpinan TNI dan Polri dengan pimpinan parpol di Kabupaten Malaka. Sehingga, semua tahapan  pemilu berjalan dengan baik.

“Hari ini malahan kita sama-sama menghadiri rapat pleno penghitungan suara. Ada suasana kekeluargaan yang menyejukkan dan damai”, demikian Marius.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar