Satgas Pamtas Timor dan Koramil 1618-03/Wini Gagalkan Penyelundupan Miras ke Timor Leste

BETUN, TIMORline.com-Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Timor khususnya anggota Pos Koki Wini Kipur-I dan Koramil 1618-03/Wini berhasil menggagalkan penyelundupan minuman keras (miras) jenis sopi sejumlah 445 liter. Miras itu ditampung di rumah milik Veni, warga Desa Humusu Wini Kecamatan Insana Utara Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kini, barang bukti diamankan di Pos Wini.

Kisahnya, pada Minggu 28 April 2019 pukul 21.15 wita, Komandan Kipur-1 Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Lettu Inf Teguh Prasetyo S.T.Han mendapat informasi dari masyarakat yang tidak berkenan disebutkan identitasnya melalui media sosial Whatsapp (WA) bahwa ada penurunan barang dari kapal laut angkut dari Kisar-Ambon berupa barang minuman keras jenis sopi di Pelabuhan Wini.

Kapal pengangkut miras jenis sopi yang hendak diselundupkan ke Timor Leste di Pelabuhan Wini. (Foto: Istimewa).

Atas informasi itu, Komandann Kipur-1 memerintahkan Batih Kipur-1 Sertu Gede Bayuda, Bamin Kipur-1 Serda Saparwadi,  Tabak SPR Pos Wini Praka Komang Ardi Gunawan, Tayanrad Pos Wini Praka Adrianus Api dan anggota Satgas Pomad Pos Wini Praka Ketut Ari meluncur ke Pelabuhan Wini untuk mengecek informasi tersebut.

Batih Kipur 1 Sertu Gede Bayuda bersama tiga anggotanya pun  ke Pelabuhan Wini. Sesampai di sana, benar adanya ada kapal laut angkut barang yang sandar di Pelabuhan Wini. Mobil jenis pick-up putih dengan nomor polisi DH 8968 DD yang mengangkut miras tersebut sudah keluar menuju ke rumah Veni yang letaknya tidak jauh dari Pelabuhan Wini. Komandan Kipur-1 kemudian  berkoordinasi dengan Danramil 1618-03/Insana Utara Kapten Cba Benni Simon untuk mendatangi rumah yang menyimpan barang miras tersebut.

Pada 29 April 2019 dini hari, Danramil 1618-03/Insana Utara Kapten Cba Benni Simon dan Dankipur-1 Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Sektor Barat Lettu Inf Teguh Prasetyo S.T.Han beserta anggota Pos Wini mendatangi kediaman Veni untuk melakukan penggeledahan barang Miras tersebut.

Veni (berbaju hitam) selaku pemilik miras yang hendak diselundupkan ke Timor Leste saat berada di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonig 741/Garuda Nusantara. (Foto: Istimewa).

Setelah berkoordinasi dengan pemilik rumah, benar adanya kalau ada penyelundupan barang ilegal minuman keras jenis sopi. Barang tersebut berasal dari Kisar-Ambon.

Komandan Kipur-1 Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Lettu Inf Teguh Prasetyo S.T.Han melaporkan adanya penggagalan penyelundupan miras jenis sofi sejumlah 445 liter yang dilakukan anggota Pos Koki Wini Kipur-1 dan Koramil 1618-03/Insana Utara  kepada Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Sektor Barat Mayor Inf Hendra Saputra.

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Sektor Barat mengambil langkah mengamankan barang bukti berupa miras jenis sopi tersebut dan menyerahkannya ke Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Sektor Barat dan memerintahkan satuan bawah agar lebih intens melaksanakan kegiatan anjangsana dan pengawasan di wilayah binaan.

“Benar, anggota kami berhasil menggagalkan penyelundupan 445 liter minum sopi dari Ambon, dan sekarang barang tersebut masih diamankan di Koki Wini. Saya sampaikan kepada jajaran agar terus melaksanakan anjangsana dan pendekatan kepada semua unsur agar informasi bisa terus kami dapatkan,” demikian Mayor Hendra.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *