Satgas Pamtas Amankan Paskah di Perbatasan Timor

BETUN, TIMORline.com-Hari Raya Paskah umat katolik yang berlangsung  19-22 April 2019 di Perbatasan Timor mendapat perhatian Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara.

Anggotanya disebar ke beberapa gereja di wilayah Kabupaten Kupang dan Timor Tengah Utara (TTU). Langkah ini dilakukan untuk menciptakan suasana aman dan nyaman bagi umat katolik selama mengikuti Hari Raya Paskah 2019.

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Hendra Saputra dalam rilisnya yang diterima TIMORline.com di Betun, Jumat (26/04/2019) siang, mengungkapkan, langkah-langkah pengamanan di sepanjang perbatasan mulai dari jajaran Pos Tripoli, Desa Eban, Bijaepasu, Dusun Nelu, Desa Wini, hingga Kabupaten Malaka.

Angkutan yang digunakan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara untuk mengangkut umat katolik menghadiri perayaan Paskah 2019. (Foto: Istimewa).

Dijelaskan, tiap-tiap titik yang dianggap menjadi pusat peribadahan di amankan oleh beberapa personil. Di Malaka, misalnya, enam orang anggota yang dipimpin Serda Hebron melaksanakan pengamanan sampai memberikan angkutan berupa truk guna mengantar umat  yang ada di sekitar Desa Alas Selatan ke Kapela Motamasin.

Anggota Pos Nelu yang berjumlah  lima orang dipimpin  Serda Rudy A.Y, melaksanakan pengamanan Hari Raya Paskah  di Gereja Paroki Bakitolas, Desa Bakitolas Kecamatan Naebenu Kabupaten  TTU.

Disebutkan, meriahnya Paskah juga dirasakan di sekitar pos batas Oepoli Tengah di Gereja Katolik St.Petrus Tataum tepatnya di Desa Netemnanu Selatan Kecamatan Amfoang Timur Kabupaten Kupang. Dengan kekuatan delapan anggota di bawah pimpinan  Batih Kipur 2 Serma Made Yudiantara mengamankan jalannya paskah di sekitar Tripoli hingga malam.

Para komandan pos Satgas Pamtas baik TNI maupun Kepolisian bersama THS-THM mengamankan jalanny perayaan Paskah 2019. (Foto: Istimewa).

Di Desa Eban hingga Bijaepasu, pengamanan  dilakukan personil dari Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat yang dipimpin langsung  Danton Waltis Letda Czi Agum Harseno.

“Seluruh kegiatan dilaksanakan secara aman dan ibadah dapat berjalan dengan hikmat. Masyarakat sangat senang dengan adanya bantuan dan kehadiran anggota Satgas Yonif Mekanis 741 / GN karena mereka lebih tenang dan merasa aman saat melaksanakan ibadah”, kata Mayor Hendra.

Baginya, suasana yang aman dan nyaman memang sudah merupakan  tugas TNI bagi masyarakat. Karena itulah setiap kegiatan di masyarakat apalagi seperti ini, pihaknya tetap melakukan pengamanan.

“Kita laksanakan pengamanan agar masyarakat setiap melakukan kegiatan dapat tenang dan tahu bahwa kita TNI selalu ada untuk masyarakat,” demikian  Mayor  Hendra.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *