Dinas PUPR Malaka Lakukan Pengerukan Sedimen Lumpur

BETUN, TIMORline.com-Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat {PUPR) Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan pengerukan sedimen lumpur yang menutupi saluran Irigasi Benanain menuju Desa Lakekun, Kecamatan Kobalima.

Kepala Dinas PUPR Yohanes Nahak kepada wartawan, Senin (29/04/2019), menjelaskan, pengerukan itu dilakukan karena pada waktu musim hujan beberapa waktu yang lalu, sepanjang saluran itu ditutupi sedimen lumpur dari hutan Wemer.

“Sepanjang saluran di Desa Lakekun hingga Kada tertutup sedimen lumpur dan imbasnya kepada persawahan masyarakat karena tidak bisa dialiri,” katanya.

Ditambahkan, sedimen lumpur yang menerjang dan menutup saluran itu disebabkan adanya perambahan hutan sehingga menjadi gundul dan pohon-pohon tidak lagi menahannya.

Setelah pembersihan, menurut Kadis Yohanes, staf Bidang Pengairan Dinas PUPR sudah bersih sehingga aliran air berjalan normal dan kembali mengairi area persawahan.

“Dalam minggu ini sudah bisa dipastikan aliran sungai kembali mengairi persawahan masyarakat dan berjalan normal seperti waktu-waktu yang lalu,” demikian Kadis Yohanes.

Editor: Cyriakus Kiik                     Sumber: Kominfo Malaka

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *