oleh

Bawaslu dan Pol PP Malaka Tertibkan Ratusan APK Caleg

BETUN, TIMORline.com-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menertibkan ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) calon legislator yang dipasang di seluruh wilayah itu, Minggu (14/04/2019).

Penertiban itu dipimpin langsung Ketua Bawaslu Kabupaten Malaka Pieter Nahak Manek dan Kepala Bidang (Kabid) Ketenteraman dan Ketertiban (Trantib) pada Satuan Pol PP Kabupaten Malaka Siprianus Berek. Ikut mendampingi,  komisioner Bawaslu Nadap Betty dan Kepala Sub Bagian Pelaporan pada Satuan Pol PP Frans Deo.

Penertiban dimulai dari pertigaan Umasakaer Desa Bakiruk Kecamatan Malaka Tengah. Selanjutnya, penertiban sepanjang Jalan Raya Malaka, masuk ke dalam Betun Kota. Penertiban dilanjutkan ke titik lain. Antara lain ke Tubaki-Desa Wehali, Labarai dan Webua-Desa Kamanasa dan Desa Kletek.

Terpantau, kegiatan penertiban APK dimulai pukul 14.00 wita. Dalam operasi ini, ratusan APK calon legislator berhasil ditertibkan. Ada APK milik calon legislator kabupaten, propinsi dan pusat. Antara lain, baliho milik Dr Simon Nahak (calon legislator pusat dari Partai Perindo), Alfridus Bria Seran (calon legislator pusat dari Partai Nasdem), Edward Tannur (calon legislator pusat dari Partai Kebangkitan Bangsa), Christina Muti (calon legislator dari Partai Nasdem)  dan Ansy Lema (calon legislator pusat dari PDI Perjuangan).

Ada pula APK milik calon senator asal NTT, yakni Ventje Abanit, Martinus Siki dan Hilda Riwu Kore-Manafe.

APK lainnya adalah milik calon legislator Propinsi NTT. Antara lain Natalia Klau dari PDI Perjuangan, Agustinus Bria Seran dari Partai Gerindra dan Kanisius To dari Partai Solidaritas Indonesia. Hasil penertiban itu kemudian dibawa ke Kantor Bawaslu Kabupaten Malaka.

Ketua Bawaslu Malaka Pieter Nahak Manek (kanan) bersama salah seorang staf pose bersama di sela-sela penertiban APK peserta pemilu di Lapangan Umum Betun, Minggu (14/04/2019). (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).

Ketua Bawaslu Kabupaten Malaka Pieter Nahak Manek kepada TIMORline.com menjelaskan, semua APK hasil operasi dibawa ke kantornya.

“Parpol, calon legislator atau tim sukses silahkan ambil di kantor. Kalau  tidak ambil, semua APK itu akan dimusnahkan sehari sebelum hari pemilihan”, tandas Pieter.

Kabid Trantib pada Satuan Pol PP Siprianus Berek mengatakan, keterlibatan Pol PP dalam kegiatan itu atas permintaan Bawaslu.

“Kita mendukung kegiatan Bawaslu”, tandas Siprianus.

Penulis/Editor: Cyriakus Kiik

Komentar